Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris Anak dengan Menggunakan Metode Total Physical Response Pada Kelompok B di TKIT Baitul Iman Semarang

  • Nurul Huda Prodi PG-PAUD IKIP Veteran Semarang
  • Sri Haryanti Dahlia Guru TK Islam Terpadu Baitul Iman Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris anak pada kelompok B di TKIT Baitul Iman Semarang sekaligus sebagai syarat untuk menempuh S1 PAUD IKIP Veteran Semarang. Metode Total Physical Response (TPR) adalah teknik mengajar bahasa Inggris kepada anak dengan menggunakan respon fisik. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan obyek penelitian 20 anak kelompok B. Sumber data berasal dari hasil lembar observasi anak selama 2 siklus dan analisis data yang digunakan  adalah analisis deskripsi kualitatif. Penelitian dilakukan  sebanyak 2 siklus, dimana siklus I prosentase tercapainya indikator keberhasilan masih 5% saja. Setelah ditemukan kekurangan dan kelebihan pada siklus I, maka perbaikan dilakukan pada siklus II. Hasil observasi pada siklus II prosentase tercapainya indikator keberhasilan meningkat tajam menjadi 75%. Dengan demikian siklus dianggap selesai

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ani Maryati, (2013). Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris anak TK Melalui Penggunaan Media VCD Di BA Aisyiyah Sugihan Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan tahun 2013-2013. Skripsi. Grobogan. IKIP Veteran Semarang.

Hurlock B, Elizabeth, (1978). Perkembangan Anak, jilid 1. Alih bahasa: Med Meitasari tjandrasa & Muslichah Zarkasih, Erlangga. Jakarta.

Muhammad Ahsanu (2011), Repetition and Drilling (RD): An Alternative Method for Teaching Speaking for Young Learners. Prosiding. Revitalizing the Practice or Teaching English to Young Learners in Indonesia (TEYLIN).
Universitas Muria Kudus (UMK). 19 Juli 2011 (18-34)
Moeslichatun, R. (1999). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Rineka Cipta. Jakarta.

Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Berbahasa Di Taman Kanak-Kanak (2007). Depdiknas. Jakarta.

Pedoman Pembelajaran Persiapan Membaca dan Menulis Melalui Permainan Di Taman Kanak-Kanak (2007). Depdiknas, Jakarta.

Pengembangan Model Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak (2008), Direktorat Pembinaan Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar. Jakarta.

Ririn P & Esti K .(2011), Encourage very young learners of EFL to learn English through total physical response (TPR) method . Prosiding. Revitalizing the Practice of Teaching English to Young Learners in Indonesia (TEYLIN). Universitas Muria Kudus (UMK). 19 juli 2011 (222-231).

Riyana Dewi. (2011), Teaching Learners To Learn Recommended Techniques To English-Self Learning: Total Physical Response Activities For Teaching Listening Young Learners. Prosiding. Revitalizing The Practice of Teaching English to Young Learners in Indonesia (TEYLIN). Universitas Muria Kudus (UMK). 19 Juli 2011 (145-152).

Sukarno. (2011), Let Children Learn English In Their Own World: Culturally Real Life situation. Prosiding. Revitalizing the practice of teaching to young learners in Indonesia (TEYLIN). Universitas Muria Kudus (UMK). 19 juli 2011 (61-69).

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Pedagogia. Yogyakarta.

Yeni Rachmawati& Euis Kurniati (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kana-Kanak. Kencana, Jakarta.

Zainal Aqib, dkk (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Yrama Widya, Bandung.
Published
2018-02-18
How to Cite
HUDA, Nurul; DAHLIA, Sri Haryanti. Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris Anak dengan Menggunakan Metode Total Physical Response Pada Kelompok B di TKIT Baitul Iman Semarang. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 41-51, feb. 2018. ISSN 2615-5389. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/sece/article/view/585>. Date accessed: 20 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.585.