Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Angka Dengan Metode Bermain Rangkai Pipa Pada Kelompok A Di TK IT Raudlatul Muhsinin Dempel Kidul Semarang Tahun Ajaran 2017 – 2018

Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Angka Dengan Metode Bermain Rangkai Pipa Pada Kelompok A Di TK IT Raudlatul Muhsinin Dempel Kidul Semarang Tahun Ajaran 2017 – 2018

  • Novita Cahya Sari Novita Sari TK Lab Belia Semarang
  • Risky Setiawan Prodi PG-PAUD IVET
  • Radeni Sukma Indra Dewi Prodi PG-PAUD IVET

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal angka melalui metode bermain rangkai pipa di kelompok A TK IT Raudlatul Muhsinin  Dempel Kidul Pedurungan Semarang. Untuk mendeskripsikan peningkatan  aktivitas bermain anak dan untuk mendeskripsikan kemampuan pendidik dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka melalui .metode bermain rangkai pipa.


Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas penelitian yang mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap objek yang teliti melalui data sampel atau populasi dengan melalui analisis dan kesimpulan yang berlaku. Objek penelitian adalah 16 peserta didik yang terdiri dari 8 peserta didik laki-laki dan 8 peserta didik perempuan. Dalam penelitian ini dilakukan 2 siklus. I siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan indikator keberhasilan 75%.


Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal angka di siklus I dan siklus II. Pada siklus I Kemampuan  kognitif anak  dalam mengenal angka memiliki prosentase sebesar 66,5%. Tindakan siklus I telah dapat mengembangkan kognitif dalam mengenal angka, tetapi belum memenuhi target keberhasilan sehingga dilakukan perbaikan pada siklus II. Pada akhir siklus II, anak dengan kemmampuan kognitif dalam mengenal angka yang memenuhi kriteria meningkat menjadi 84,75 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Nugraha, dkk. 2015. Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Ali Nugraha, dkk. 2015. Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Amhal Kaefahmi, dan Anik Alfiah. 2016. Pendekatan Saintifik PAUD. Semarang: CV Data Media.
Ami Rahmawati. 2009. Pengenalan Matematika untuk Anak Usia 4-6 Tahun. PT MAPAN.
Clough, Peter. 2015. Pendidikan Anak Usia Dini sejarah filsofi dan pengalaman. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dewi, R. S. I. (2017). October 2017 IMPROVING CHILDREN ‘ S SPEECH SKILLS USE MEDIA-ASSISTED STORY TELLING WITH STORY APRONS AND HAND PUPPETS. In 6th ELTLT International Conference Proceedings (pp. 419–424).
Enah Suminah, dkk. 2015. Pedoman Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Gardner, Howard. 2006. Multiple Intellegence New Horizons: New York. A member of the persens books group.
Hasnida. 2005. Media pembelajaran kreatif. Jakarta : PT Luxima Metro Media.
Jamal Makmur Asmani. 2015. Panduan Praktis Manajemen Mutu Guru PAUD. Yogyakarta: Diva Press.
Mayke S Tedja Saputra. 2001. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: PT Grasindo.
Maimunah Hasan. 2012. Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Diva Press.
Marotz, Lynn R dan Allen, K. Eileen. 2010. Profil perkembangan Anak. Jakarta: PT Indeks.
Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Nurul Amelia. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Pada Materi Mengenal Bentuk Geometri Melalui Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Di Raudhatul Athfal Al-Farabi Tanjung Selamat Kecamatan Sunggal Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi: UIN Sumatera Utara.
Ramaikis Jawati. 2013. Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Ludo Geometri Di PAUD Habibul Ummi II. Jurnal: Universitas Negeri Padang.
Setiawan, R., & Khamah, P. (2018). Uji Komparasi antara Kegiatan Menulis Angka dan Membuat Kalender dalam Pengenalan Konsep Angka di Kelompok B TK Dharma Wanita Kendal, Jawa Tengah.. Journal Of Studies In Early Childhood Education (J-SECE), 1(1), 32-40. doi:10.31331/sece.v1i1.584
Rusydie Salman. 2011. Prinsip- Prinsip Manajemen Kelas. Jogjakarta: Diva Press.
Suyadi. 2011. Manajemen PAUD TPA-KB-TK/ RA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wahyudin Sudrajat. 2008. Peningkatan dan Pengayaan Matematika. Jakarta:CV. IPA ABONG.
Published
2018-11-07
How to Cite
SARI, Novita Cahya Sari Novita; SETIAWAN, Risky; INDRA DEWI, Radeni Sukma. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Angka Dengan Metode Bermain Rangkai Pipa Pada Kelompok A Di TK IT Raudlatul Muhsinin Dempel Kidul Semarang Tahun Ajaran 2017 – 2018. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), [S.l.], v. 1, n. 2, p. 140-148, nov. 2018. ISSN 2615-5389. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/sece/article/view/693>. Date accessed: 03 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.31331/sece.v1i2.693.