Implementasi Adaptive Hypermedia System Berbasis Moodle untuk Mengatasi Keragaman Gaya Belajar Pada Pendidikan Vokasi

  • R Irlanto Sudomo Pendidikan Informatika IKIP Veteran Jawa Tengah
  • Toni Setiawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Adaptive Hypermedia System Berbasis Moodle dilihat dari aspek: (1) Keragaman Gaya Belajar siswa berupa Visual,  Auditory Kinestetik (2) Perencanaan pembelajaran, (3) Pelaksanaan pembelajaran, (4) Sistem penilaian. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian yang dilakukan berupaya mendeskripsikan secara jelas mengenai implementasi Hypermedia System Berbasis Moodle di Universitas IVET. Subjek penelitian adalah sekretaris program studi Pendidikan Teknik Mesin konsentrasi Otomotif (PTM-O) dosen, pengelola bagian TI dan mahasiswa yang sudah memanfaatkan Hypermedia System Berbasis Moodle pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin konsentrasi Otomotif Universitas Ivet. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah 1) metode observasi, 2) metode wawancara, 3) metode dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik trianggulasi metode dan sumber. Hasil penelitian: (1) gaya belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin konsentrasi Otomotif (PTM-O) memiliki latar belakang pendidikan yang heterogen (2) Perencanaan Adaptive Hypermedia System Berbasis Moodle meliputi mempersiapkan Sarana dan prasarana berupa komputer yang ada di laboratorium komputer sebanyak 33 unit, beserta jaringan internet yang tersedia dengan kecepatan 50 mbps. (3) Pelaksanaan pembelajaran dosen melakukan aktifitas pembelajaran sesuai dengan mata kuliah yang diampu. Dosen mengunggah materi pada setiap pertemuan. (4) Sistem Penilaian dalam pembelajaran Adaptive Hypermedia System Berbasis Moodle bisa dilakukan menggunakan quiz.

References

Brusilovsky, P., Kobsa, A., & Vassileva, J. (Eds.). (1998). Adaptive hypertext and hypermedia. Dordrecht: Kluwer Academic.
Hubackova, S., & Semradova, I. (2016). Evaluation of blended learning. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 217, 551-557.
Luthfi, A. (2006). Pemanfaatan Teori Semantic Web Pada Pengembangan Intelligent Learning Management System (ILMS). Jurnal Fakultas Hukum UII.
Moleong, L. J. (2007). Metode penelitian kualitatif.
Novo-Corti, I., Varela-Candamio, L., & Ramil-DíAz, M. (2013). E-learning and face to face mixed methodology: Evaluating effectiveness of e-learning and perceived satisfaction for a microeconomic course using the Moodle platform. Computers in Human Behavior, 29(2), 410-415.
Rombe, E. (2018). IMPLEMENTASI KARAKTERISTIK GAYA BELAJAR (4 MAT SYSTEM) PESERTA DIDIK PRODI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI STT KRISTUS ALFA OMEGA, SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Shift Key: Jurnal Teologi dan Pelayanan, 8(1).
Riding, R., & Rayner, S. 1998. Cognitive styles and learning strategies. London: David Fulton Publisher
Sari, A. K. (2014). Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014. Edutic-Scientific Journal of Informatics Education, 1(1).
Sudomo, R. I. (2018). Implementasi E-Learning pada Program Studi Pendidikan Informatika Ikip Veteran Jawa Tengah.
Published
2020-01-02
How to Cite
SUDOMO, R Irlanto; SETIAWAN, Toni. Implementasi Adaptive Hypermedia System Berbasis Moodle untuk Mengatasi Keragaman Gaya Belajar Pada Pendidikan Vokasi. Joined Journal (Journal of Informatics Education), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 71-78, jan. 2020. ISSN 2620-8415. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jiptika/article/view/1009>. Date accessed: 11 july 2020. doi: https://doi.org/10.31331/joined.v2i2.1009.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.