Author Guideline

AUTHOR GUIDELINE

(JOINED), adalah sebuah jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan oleh program studi pendidikan informatika IKIP Veteran Jawa Tengah. Jurnal ini menyediakan sebuah platform untuk para dosen, peneliti, mahasiswa dan praktisi untuk mempromosikan dan berbagi pengetahuan di bidang Pendidikan Informatika. Jurnal yang diterbitkan dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus berisi artikel-artikel yang terdiri dari makalah penelitian teoritis dan empiris, kajian pustaka, dan ulasan literatur.

Ruang lingkup jurnal ini mengkhususkan diri pada topik yang berkaitan dengan  pendidikan informatika,  pembelajaran yang menggunakan teknologi informasi, dan inovasi di bidang informatika lainnya.

SUBMISSION PREPARATION CHECKLIST

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

PEDOMAN PENULISAN MANUSKRIP

Manuskrip ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan kerapatan baris satu spasi, font Times New Roman 12, ukuran kertas A4, format dua kolom, dan margin last costum setting (top 3 cm; left 3 cm; bottom 3 cm; right 3 cm).

Panjang manuskrip ilmiah hendaknya berkisar antara 6000 – 9000 kata atau kurang lebih 7-20 halaman, termasuk gambar, grafik atau tabel (jika ada) yang menyertainya.

Istilah-istilah dalam bahasa asing atau bahasa daerah dalam teks ditulis dalam huruf miring (italic).

Tinjauan pustaka (literature review) tidak dicantumkan sebagai bagian dari struktur artikel. Dengan demikian pengutipan pustaka yang dianggap penting dapat dipadukan dalam bab pendahuluan (introduction) atau dalam pembahasan. Pengutipan pustaka dalam pembahasan seperlunya saja dan yang lebih diutamakan adalah pembahasan terhadap hasil analisis data yang ditemukan sendiri.

Naskah yang masuk akan diseleksi oleh sistem dan akan diteruskan kepada reviewer sesuai dengan bidang artikel.

Naskah yang sudah direview oleh reviewer (mitra bebestari) akan dikembalikan kepada penulis jika dibutuhkan perbaikan menurut reviewer. Setelah penulis melakukan perbaikan sesuai dengan masukan dan penilaian reviewer, kembali dikirim oleh penulis.

Naskah yang sudah direvisi oleh penulis akan direview kembali oleh mitra bebestari, jika mitra bebestari merekomendasikan untuk layak diterbitkan, maka naskah akan diterbitkan secara online. Jika mitra bebestari menyatakan masih diperlukan perbaikan, maka naskah akan dikirimkan kembali ke penulis untuk direvisi lagi.

STRUKTUR ARTIKEL ILMIAH

Artikel dalam JOINED Journal ini terdiri dari 7-20 Halaman. Secara umum struktur artikel ilmiah hasil penelitian lapangan dan artikel ilmiah penelitian konseptual relatif sama. Struktur artikel ilmiah hasil penelitian atas 10 bagian utama yaitu: (1) judul, (2) baris kepemilikan, (3) abstrak, (4) kata kunci, (5) pendahuluan, (6) metode, (7) hasil dan pembahasan, (8) penutup, (9) daftar pustaka. Adapun struktur artikel ilmiah kajian pustaka terbagi menjadi 9 bagian utama yaitu: (1) judul, (2) baris kepemilikan, (3) abstrak, (4) kata kunci, (5) pendahuluan, (6) pembahasan, (7) penutup, dan (8) daftar pustaka. DOWNLOAD TEMPLATE ARTIKEL