Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Cisco IT Essensials Virtual Desktop Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Perakitan Komputer Di SMK Al Furqon Mranggen Demak

Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Cisco IT Essensials Virtual Desktop Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Perakitan Komputer Di SMK Al Furqon Mranggen Demak

  • Mohammad ali mahbub IKIP Veteran Jawa Tengah

Abstract

Penggunaan media dalam proses pembelajaran merupakan hal yang sangat penting, yang nantinya akan sangat saling mempengaruhi dengan komponen- kompenen yang ada dalam sistem belajar. Penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong warga sekolah dalam mengembangkan dan memanfaatkan TIK, khususnya media IT Essentials Virtual Desktop dalam proses pembelajaran. Melihat kondisi tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Cisco  It Essensials Virtual Desktop Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Perakitan Komputer Di Smk Al Furqon Mranggen Demak. 6. Berdasarkan hasil analisis nilai F sebesar 9,590, sedangkan nilai signifikansi F sebesar 0,000. Dengan menggunakan DFI = 2 dan DF (degree of freedom) sebesar 53 (56 - 2 – 1) di peroleh nilai F sebesar 3,1716 dari hasil tersebut nilai F hitung lebih besar 9,590 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih rendah dari 0,05 (? = 5%) yang menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis yang menyatakan “ada pengaruh positif penggunaan media pembelajaran cisco (X1) terhadap hasil belajar siswa kelas X dan XI TKJ SMK AL FURQON Mranggen Demak” dapat diterima.

References

Abdullah, Ma’ruf, 2015. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Yogyakarta : Aswaja Preesido
Arikunto, Suharsimi .(2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi . 2009. Prosedur Penelitian. Jakarta :Rineka Cipta
Arsyad, Azhar .(2005). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Arsyad, Azhar . 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada
Asmani, Jamal Ma’mur.(2011). Tips Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Dunia Pendidikan. Jogjakarta : DIVA Press
Daryanto.(2010). Media Pembelajaran.Yogyakarta. Gava Media
Dimyati dan Mujiyono. 2009. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta : Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Ghozali, 2005. Metode Penelitian, Jakarta : Gramedia
Hadi, Sutrisno. 1993. Metodologi Research,Yogyakarta : Yayasan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada
Hamalik, Oemar. 2005. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo
Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta : DIVA Press
Munir. 2008. Multimedia Konsep Dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung. Alfabeta
Ismaniati. 2001. Buku Pegangan Sekolah : Pengembangan Program
Pembelajaran Berbasis Komputer. Yogyakarta : FIP UNY
IT Essentials. 2010 PC Hardware and Software Version 4.0. www.Cisco .com (di unduh 22 April 2018)
Purwanto, M. Ngalim. 1996. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Purwanto, M. Ngalim. 2009. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Sadiman, Arif S. 2003. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan
Pemanfaatan. Jakarta. PT Rajawali Press
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta : Kencana
Sudjana, Nana.(2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT .Remaja Rosdakary
Sudjana, N dan Rivai, A. 2007. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Suyanto, M. 2005. Multimedia Alat Untuk meningkatkan Keunggulan Bersaing. CV. Andi Offset
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta : Bumi aksara
Sukmadinata, Nana S. 2009. Landasan Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya
Sukmadinata, Nana S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Suyanto, M .2005. Multimedia Alat Untuk meningkatkan Keunggulan Bersaing.CV. Andi Offset
Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada
Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Winkel, W.S. 1987. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : P.T Gramedia
Winkel, W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta : P.T Gramedia
Published
2018-12-28
How to Cite
MAHBUB, Mohammad ali. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Cisco IT Essensials Virtual Desktop Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Perakitan Komputer Di SMK Al Furqon Mranggen Demak. Joined Journal (Journal of Informatics Education), [S.l.], v. 1, n. 2, p. 126-135, dec. 2018. ISSN 2620-8415. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jiptika/article/view/761>. Date accessed: 20 mar. 2019. doi: https://doi.org/10.31331/joined.v1i2.761.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.