Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fotografi Berbasis Ecohistory untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan

  • Handini Arga Damar Rani Universitas IVET

Abstract

 


ABSTRAK


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang fokus dalam mengembangkan multimedia pembelajaran berbasis Ecohistory untuk menumbuhkan sikap peduli lingkungan. Tujua dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa multimediafotografi  berbasis ecohistory yang valid dan reliabel untuk menumbuhkan sikap peduli lingkungan pada diri mahasiswa. Subjek validasi produk adalah duaorang ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Sedangkan subjek uji coba produk multimedia pembelajaran berbasis ecohistory dalam penelitian pengembangan ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Informatika Universitas Ivet. Penelitian ini menggunakan rancangan pengembangan model 4D yaitu define, design, develop dan disseminate. Metode pengumpulan data dilakukan dengan validasi ahli, observasi dan angket. Skor hasil validasi ahli dan angket dianalisis dengan metode deskriptif.  Data hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan tergolong valid dengan skor hasil validasi 3,62 dalam skala 1-4; dan 89,9 % mahasiswa memberikan respon positif terhadap multimedia yang dikembangkan.


 


        Kata kunci: multimedia, fotografi, ecohistory, peduli lingkungan


 


ABSTRACT


This research is development research focused on developing ecohistory based photography multimedia to foster the environmental awareness among the undergraduates students. The aim of the research are to produce a ecohistory-based photography multimedia that is valid and reliable to foster the environmental awareness. The validation subject of this study are media and materials expert.  The population of the research is the undergraduate students of Informatic Education Universitas IVET Semarang. Design of development research uses 4-D model consist of define, design, develop and disseminate. The method of obtaining the data used is expert validation, observation and responses questionaire. The validation score and questionaire are analysis by descriptive method. This research reveals that the validity of the ecohistory based photography multimedia can be categorize valid with validation score 3,65 in cardinal number 1-4; and 89,9% of undergraduates students gives positif responses to the ecohistory based photography multimedia.


       Key words: multimedia, photography, ecohistory, environmental awareness

References

Ardanita, B.A, Utaya, S & Ruja, I.N. 2017. Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Melalui Komunitas Pelajar Peduli Lingkungan Hidup (KPPH). Proseeding Seminar TEP & PDs. 7(4), 969-974
Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya
Gunawan, Z. 2016. Pengembangan Program Adiwiyata dalam Mewujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Pedagogik; Jurnal Pendidikan, Vol. 3, No.2 Januari-Juni 2016. http://jurnal. iainuruljadid.ac.id/index.php/pedagogikindex.php/pedagogik/article/ view/15. (PDF). (Online), diakses pada 17 Maret 2017.
Kaiser, F. G., Oerke, B., & Bogner, F. X. (2007). Behavior- based environmental attitude?: development of an instrument for adolescents, 27, 242-251.https:/ /doi.org/ 10.1016/ j.jenvp.2007. 06.004
Munir. 2012. Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Mureiningsih, E.S. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Multimedia Interaktif. Jurnal Madaniyah, 7, 214-229
Nazeri. 2013. “Penggunaan e-FlipBook dalam Topik Elektrik dan Elektronik: Inovasi dalam Pengajaran Reka Bentuk dan Teknologi PISMP RBT”.
Prosiding Seminar Penyelidikan IPG Zon Timur (1), 1 Thiagarajan, S. Semmel, D.S & Semmel, M.I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomberg
Nopriyanti & Sudira, P. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan dan Writing Kelistrikan di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. 5(2), 222-235
Purwanti, D. 2017. Pendidikan Peduli Lingkungan dan Implementasinya. DWIJACENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14-20
Ramdania, D. R. 2013. “Penggunaan Media Flash Flip Book Dalam Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Artikel Ilmiah Tugas Akhir. Bandung. UPI
Rani, H.A.D. 2019. Pengembangan Instrumen Self-Assesment Berbasis Web Untuk Menilai Sikap Peduli Lingkungan. Proseeding Seminar Nasional Edusainstek
Suyanto, M. 2003. Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi.
Wibowo, E & Pratiwi, D.D. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147-156
Published
2020-01-01
How to Cite
DAMAR RANI, Handini Arga. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fotografi Berbasis Ecohistory untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan. Joined Journal (Journal of Informatics Education), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 63-70, jan. 2020. ISSN 2620-8415. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jiptika/article/view/946>. Date accessed: 11 july 2020. doi: https://doi.org/10.31331/joined.v2i2.946.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.