LKPD berbasis ngerti, ngrasa, nglakoni (tri nga) untuk mengembangkan keterampilan proses sains kelas VIII SMP
Abstract
Pengintegrasian pendidikan karakter berdasarkan ajaran Ki Hajar Dewantara dalam pembelajaran IPA diharapkan dapat memberikan pengalaman menyelidiki bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan LKPD Keterampilan Proses Sains Berbasis Ngerti, Ngrasa, Nglakoni (Tri Nga); (2) mengetahui kelayakan LKPD oleh ahli media, ahli materi, ahli ketamansiswaan, peer review dan guru IPA; dan (3) mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D yang di batasi sampai tahap Develop. Subjek penelitian ini yaitu ahli, guru, dan peserta didik SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Yogyakarta dan SMP Negeri 2 Godean. Proses pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD hasil pengembangan memenuhi kriteria penilaian berdasarkan aspek kelayakan isi, penyajian, kebahasaan dan kegrafikan. Kualitas LKPD yang dikembangkan dikategorikan Sangat Baik (SB). Respon peserta didik dikategorikan Sangat Baik (SB) dengan persentase 91%. Dengan demikian, LKPD yang dikembangkan dikatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
References
Aprilia, E., Nurohman, S., & Hastuti, P.W. (2017). Development, T. H. E., Science, O. F., Worksheet, S., On, B., Science, I., Develop, T. O., Thinking, C., Skills, C., & Junior, O. F. (n.d.). Pengembangan Lkpd Berbasis Inquiry Science Issues Untuk the Development of Science Student Worksheet Based on Inquiry Science. 1–6.
Ardhiantari, W., Fadiawati, N., & Kadaritna, N. (2015). Pengembangan LKS Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Hukum- Hukum Dasar Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, Vol 4, No. 1 Edisi April 2015, 312-323
Asyhari, A., Wati, W., Irwandani, & Saidah, N. U. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Pendidikan Karakter Melalui Four Steps Teaching Material Development. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, April, 37–58. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.10539.85285
BSNP. (2012). Deskripsi butir instrumen penilaian buku teks pelajaran SMP, SMA, SMK, komponen kegrafikaan.
Chaerul Rochman. (2015). Analisis dan Kontribusi Kemampuan Konsep Dasar Fisika , Literasi Kurikulum Pembelajaran dan Psikologi Pembelajaran Terhadap Kemampuan Penyusunan Lembar Kegiatan Peserta Didik ( LKPD ) Mahasiswa Pendidikan Fisika. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015, 2015(Snips), 1–5. https://doi.org/ISSN:978-602-19655-80
Diella, D., & Ardiansyah, R. (2019). Pelatihan Pengembangan LKPD berbasis Keterampilan Proses Sains Dan Instrumen Asesmen KPS Bagi Guru IPA. Publikasi Pendidikan, 9(1), 7. http://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.6855
Erlini, Nedia. (2018). Pengembangan LKPD IPA Berbasis Science, Environment, Technology, Society (SETS) dan Ngerti, Ngrasa, Nglakoni (Tri Nga) Dengan Tema Suhu dan Perubahannya. Skripsi, tidak diterbitkan. Yogyakarta : FKIP UST.
Fajriyanti, Z. D., Ernawati, T., & Sujatmika, S. (2018). Pengembangan LKS Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 149. http://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.691
Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik Developing students worksheet on guided inquiry to improve critical thinking skills and learning outcomes of students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574
Handayani, D. E., & Aljani, A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Pendekatan. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 19–24.
Hartini, L., Zainuddin, Z., & Miriam, S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Proses Sains Menggunakan Model Inquiry Discovery Learning Terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 69. http://doi.org/10.20527/bipf.v6i1.4448
Iskandar, M. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Konsep Larutan Penyangga. Skripsi, tidak diterbitkan. Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Isnaningsih, A., & Bimo, D. S. (2013). Penerapan lembar kegiatan siswa (LKS) discovery berorientasi keterampilan proses sains untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 136–141. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i2.2714
Putri, B. K., & Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan LKS IPA terpadu berbasis inkuiri tema darah di smp n 2 tengaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 102–106. http://doi.org/10.15294/jpii.v2i2.2709
Remziye Ergul, Simsekli, Y., Calis, S., Ozdilek, Z., Gocmencelebi, S., & Sanli, M. (2011). The Effects Of Inquiry-Based Science Teaching On Elementary School Students’ Science Process Skills And Science Attitudes. Bulgarian Journal of Science and Education Policy (BJSEP), 5(1), 48–69.
Rosa, F. O. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Smp Pada Materi Tekanan Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1). http://doi.org/10.24127/jpf.v3i1.21
Saidaturrahmi, S., Gani, A., & Hasan, M. (2019). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13554
Sriningsih, R. R., & Wijayanti, A. (2019). Bagaimana cara mengembangkan LKS IPA berbasis inquiry untuk SMP? Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 34–42.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Suharsimi, A. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Sulviana, F. (2016). Pengembangan LKPD IPA guided inquiry untuk meningkatkan produk kreativitas peserta didik SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(1), 75–88. https://doi.org/10.21831/jpms.v4i1.12419
Trianto. (2013). Model pembelajaran terpadu : Konsep Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Bumi Aksara.
Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Widyarini, I. N & Istiqomah. (2018). Penerapan Ajaran Ki Hajar Dewantara “TRI NGA” Dalam Pemebelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia. 2018(Snips), 442–447. ISBN: 978-602-6258-07-6
Fajriyanti, Z. D., Ernawati, T., & Sujatmika, S. (2018). Pengembangan LKS Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 149. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.691

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.