Model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada konsep pemanasan global

  • Fathiah Alatas Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta, Indonesia
  • Laili Fauziah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta, Indonesia

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri 71 Jakarta adalah rendahnya kemampuan literasi sains siswa dan kurangnya pengetahuan siswa tentang konsep pemanasan global. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada konsep pemanasan global. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 71 Jakarta pada siswa kelas XI pada semester genap di tahun ajaran 2019/2020. Data kemampuan literasi sains siswa diperoleh dengan menggunakan tes uraian. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains siswa meningkat dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada konsep pemanasan global.

References

Adiwiguna, P. S., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Berorientasi Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Siswa Kelas V Sd Di Gugus I Gusti Ketut Pudja. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 94–103.
Ardianto, D., & Rubini, B. (2016). Comparison of Students’ Scientific Literacy in Integrated Science Learning Through Model of Guided Discovery and Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 31–37.
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach. In McGraw-Hill. McGraw-Hill.
Fatmawati, I. N., & Utari, S. (2015). Penerapan Levels of Inquiry untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP Tema Limbah dan Upaya Penanggulangannya. EDUSAINS, 7(2), 151–159.
Fauziah, N., Andayani, Y., & Hakim, A. (2019). Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berbabasis Masalah Berorientasi Green Chemistry pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pijar MIPA, 14(2), 31–35.
Glynn, S. M., & Muth, K. D. (1994). Reading and Writing to Learn Science?: Achieving Scientific Literacy. Journal of Research in Science Teaching, 31(9), 1057–1073.
Hartati, R. (2016). Peningkatan Aspek Sikap Literasi Sains Siswa SMP Melalui Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPA Terpadu. EDUSAINS, 8(1), 90–97.
Haryadi, E. F., Priyano, A., & Retnoningsih, A. (2015). Desain Pembelajaran Literasi Sains Berbasis Problem Based Learning Dalam Membentuk Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Innovative Science Education, 5(2), 1–7.
Irwan, A. P., Usman, & Amin, B. D. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pesrta Didik Ditinjau dari Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika di SMAN 2 Bulukumba. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 15(3), 17–24.
Juleha, S., Nugraha, I., & Feranie, S. (2019). The Effect of Project in Problem-Based Learning on Students’ Scientific and Information Literacy in Learning Human Excretory System. Journal of Science Learning, 2(2), 33–41.
Juriah, & Zulfani. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Perubahan Lingkungan dan Upaya Pelestarian. EDUSAINS, 11(1), 1–11.
Kemendikbud. (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2017). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurnia, F., Zulherman, & Fathurohman, A. (2014). Analisis bahan ajar fisika sma kelas xi di kecamatan indralaya utara berdasarkan kategori literasi sains. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 43–47.
Liu, X. (2009). Beyond Science Literacy?: Science and the Public. International Journal of Enviromental & Science Education, 4(3), 301–311.
Muliastrini, N. K. E., Nyoman, D., & Gede Rasben, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Prestasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 254–263.
Nurhayati, Angraeni, L., & Wahyudi. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. EDUSAINS, 11(1), 12–20.
OECD. (2015a). Pisa 2015 Draft Science Framework (Issue March 2013). OECD Publishing.
OECD. (2015b). Results in Focus PISA 2015. OECD Publishing.
OECD. (2016). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy, OECD Publishing.
OECD. (2019). PISA 2018 insights and interpretations. OECD Publishing.
Permatasari, B. D., Gunarhadi, & Riyadi. (2019). The influence of problem based learning towards social science learning outcomes viewed from learning interest. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(1), 39–46.
Pujiastutik, H. (2018). Peningkatan Sikap Literasi Sains Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Kuliah Parasitologi. Jurnal Biogenesis, 14(2), 61–66.
Putri, A., Suciati, & Ramli, M. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Potensi Lokal pada Pembelajaran Biologi terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA N 1 Cepogo. BIO-PEDAGOGI, 3 (2), 81–94.
Qomariyah, W., Henie Irawati, M., & Suarsini, E. (2019). Implementasi Modul Berbasis Problem Based Learning dengan Metode SQ3R Materi Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(3), 374–381.
Rizki, M. G., Afif, B., & Rudi, H. (2016). Perbandingan Emisi Karbon dengan Karbon Tersimpan di Hutan Rakyat Desa Buana Sakti Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Stlva Lestari, 4(1), 89–96.
Rohman, S., Rusilowati, A., & Sulhadi. (2017). Analisis Pembelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri di Kota Cirebon Berdasarkan Literasi Sains. Physics Communication, 1(2), 12–18.
Rubini, B., Ardianto, D., Setyaningsih, S., & Sariningrum, A. (2019). Using Socio-scientific Issues in Problem Based Learning to Enhance Science Literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1), 1–4.
Setianita, O. T., Liliawati, W., & Muslim. (2019). Identifikasi miskonsepsi siswa SMA pada materi pemanasan global menggunakan four – tier diagnostic test dengan analisis confidence discrimination quotient ( CDQ ). Prosiding Seminar Nasional Fisika 5.0, 1, 186–192.
Wulansari, B., Rokimah Hanik, N., & Adi Nugroho, A. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning ( PBL ) disertai Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tawangsari. Journal of Biology Learning, 1(1), 47–52.
Yanti, W. A. (2015). Persepsi Siswa Smp Kelas 7 Terhadap Konsep Pemanasan Global. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF 2015, IV, 1–4.
Yazdanparast, T., Salehpour, S., & Masjedi, M. R. (2013). Global Warming?: Knowledge and Views of Iranian Students. Journal National Research Institute of Tuberculosis and Lung Disease, 51(3), 178–184.
Published
2020-10-18
How to Cite
ALATAS, Fathiah; FAUZIAH, Laili. Model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada konsep pemanasan global. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 102-113,