PENINGKATKAN KOMPETENSI MEMELIHARA ATAU SERVIS REM MELAUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA ANIMASI DAN ALAT PERAGA

  • Rosihan Anwar Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Joko Suwignyo Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Bayu Ariwibowo Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

Rosihan Anwar, NPM. C3216110042 “Peningkatan Kompetensi Memelihara atau Servis Rem Melalui Model Problem Based Learning Dengan Media Animasi dan Alat Peraga Di Kelas XI TKR 2 SMK BHAKTI PRAJA JEPARA ”. Skripsi Semarang. Pendidikan Teknik Mesin Otomotif S1. Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Veteran Semarang.200 Halaman Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Media Animasi  dan Alat Peraga


Latar belakang masalah : Sejauh ini pendidikan di Indonesia masih di dominasi oleh pandangan bahwa pengetahuannya sebagai perangkat fakta-fakta yang harus di hafal. Kelas masih berfokus kepada guru sebagai sumber utama pengetahuan, walaupun sistem pembelajaran sudah berfokus terhadap siswa yang harus aktif berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK bhakti praja jepara.. Dalam kenyataannya berdasarkan observasi praktik teknik kendaraan ringan di SMK bhakti praja jepara, ternyata hasil belajar praktik siswa masih rendah. Ini terlihat dari hasil ujian semester akhir siswa kelas XI teknik kendaraan ringan  pada semester genap tahun 2016-2017 pada kompetensi dasar sistem rem  yaitu dari 39 orang siswa hanya 27 orang (70%) yang memperoleh nilai diatas 7,00 (tuntas) yang diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) produktif yang ditetapkan. Sisanya 30% belum mampu mengusai tujuan pengajaran yang diharapkan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah:1. Untuk meningkatkan kompetensi dasar memelihara atau servis rem melalui model Problem Based Learning dengan media animasi dan alat peraga pada kelas XI TKR 2 SMK Bhakti Praja Jepara Kab Jepara, 2. Untuk mengetahui penerapan pembelajaran model Problem Based Learning dengan media animasi dan alat peraga dalam meningkatkan kompetensi siswa memelihara atau servis rem pada kelas XI TKR 2 SMK bhakti praja jepara Kab.Jepara, 3. Untuk mengetahui keaktifan  penerapan model problem based learning  dengan media animasi dan alat peraga yang dapat meningkatkan kompetensi standar memelihara atau servis rem pada kelas XI TKR 2 SMK Bhakti Praja Jepara Kab Jepara.


Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, yaitu Siklus I dan Siklus II. Dimana masing-masing siklus dilakukan dengan 4 tahapan, yaitu perencanaan, observasi, tindakan, dan refleksi. Sedangkan subjek penelitian adalah siswa kelas XI TKR 2 SMK Bhakti Praja Jepara Tahun Pelajaran 2019-2020 sebanyak 22 siswa.


Kesimpulan : 1) Penerapan model Problem Based Learning dengan media Animasi dan Alat Peraga efektif meningkatkan kompetensi Pemeliharaan Atau Servis Rem pada kelas XI TKR 2 SMK Bhakti  Praja Jepara, ini terbukti dari pada Kondisi awal pada teori tingkat ketuntasan secara klasikal sangat rendah, yaitu 52%. Kondisi tersebut meningkat pada pembelajaran teori pada siklus I, dengan ketuntasan klasikal sebesar 73%, pembelajaran teori pada siklus II ketuntasan klasikal mengalami peningkatan yang sesuai yaitu sebesar 91% lebih tinggi dari standar yang ditetapkan yaitu 80% . Pada pembelajaran praktik siklus I sebesar 77% dan pada praktik siklus II meningkat menjadi 91% lebih besar dari kentutasan klasikal yang telah ditetapkan adalah 80%.2) Model pembelajaran Problem Based Learning dengan media Animasi dan Alat Peraga dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran Pemeliharaan dan perbaikan sistem rem pada kelas XI TKR 2 SMK Bhakti  Praja Jepara. Ini dapat dilihat dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning, kompetensi  siswa  mengalami peningkatan setiap siklusnya pada siklus I sebesar 77% ( 75%- 80%) dalam kategori baik dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 91% (90% - 100%). 3) Penguasaan guru pengampu dalam pembelajaran kompetensi Pemeliharaan dan perbaikan sistem rem mengunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media Animasi dan Alat Peraga  semakin baik, dapat dilihat dari meningkatnya hasil kinerja guru secara bertahap pada siklus I menunjukkan persentase aktif 57,1% kategori baik, sedangkan pada siklus II menunjukkan persentase aktif 85,71% berada kategori baik.


  


Kata kunci : Pemeliharaan dan Perbaikan Sistem Rem, Metode Problem Based Learning (PBL),  Media Animasi dan Alat Peraga

References

Afroni, Zaenal, M Burhan Rubai Wijaya, Rusiyanto. 2013, Studi Komparasi Antara Model Problem Based Learning dengan Model Pembelajaran Konvensional terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Praktik Pemesinan, Journal of Mechanical Enginnering Learning.2 (2)

Agus Supriyadi, 2017, Peningkatan Kompetensi Dalam Praktek Memelihara Sistem Rem Dan Komponennya Melalui Metode Problem Based Learning Menggunakan Job Sheet Pada Siswa Kelas XI TKR 3 SMK NU Bandar Batang Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, Semarang, Fakultas Pendididkan Teknologi dan Kejuruan. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Veteran Semarang.

Ahmad Syafik, 2017, Peningkatan Kompetensi Dasar Pemeliharaan Dan Perbaikan Sistem Rem Melalui Metode Problem Base Learning (PBL) dengan Media Animasi dan Trainer Brake System Kelas X TKR di SMK Islam Sultan Agung I Kalinyamatan Jepara, SkripsI, Semarang, Fakultas Pendididkan Teknologi dan Kejuruan. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Veteran Semarang.

Arikunto, Suharsimi dkk, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar, 2003, Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers.

AS Lilik, S. Tarto , 2015, Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pemeliharaan Listrik Kendaraan Ringan Menggunakan Media Animasi Siswa Kelas XI TKR Di SMK TAMAN SISWA NANGGULAN Kulon Progo Tahun Pelajaran 2015/2016, Jurnal Taman Vokasi Vol.4.No.2.

Luki, Zakariya, 2015 , Penerapan Model Pembelajaran Prob;rm Based Learningi (PBL) Berbantu Media Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajaar Siswa Pada Materi Sistem AC, Semarang.

Muchammad Rizqi, 2018, Peningkatan Kompetensi Praktik Sistem Rem Melalui Metode Problem Base Learning (PBL) dengan Media Trainer Di Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK TLOGOSARI SEMARANG Tahun Ajaran 2017/2018, Semarang, Fakultas Pendididkan Teknologi dan Kejuruan. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Veteran Semarang.

M.Siddiq, 2015 , Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Standar Kompetensi Sistem Pengisian Di Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Nganjuk, Unimus Purworejo
Published
2021-04-28
How to Cite
ANWAR, Rosihan; SUWIGNYO, Joko; ARIWIBOWO, Bayu. PENINGKATKAN KOMPETENSI MEMELIHARA ATAU SERVIS REM MELAUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA ANIMASI DAN ALAT PERAGA. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 12 - 18, apr. 2021. ISSN 2715-9922. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1645>. Date accessed: 26 oct. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.