PENGARUH PERAN GURU DAN SARANA-PRASARANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN PADA MATA PELAJARAN ALAT UKUR

  • Achmad Ginanjar Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Yohanes Sarsetyono Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Nuraedhi Apriyanto Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

ACHMAD GINANJAR.NPMC3216110075. Pengaruh Peran Guru dan Sarana-Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Pada Mata Pelajaran Alat Ukur Di SMK Muhammadiyah 2 Boja Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. PVTMO PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK MESIN OTOMOTIF FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS IVET SEMARANG


Latar belakang masalah. Mutu belajar yang baik dapat mendorong terciptanya anak didik yang memiliki potensi kreatif, kompetitif dan mandiri. Salah satu ciri dari mutu belajar yang baik adalah terciptanya proses pembelajaran yang menyenangkan di dalam kelas baik dimulai dari perencanaan, pelaksanaan  maupun evaluasi kegiatan belajar. Peningkatan kualitas pendidikan akan tercapai apabila proses belajar mengajar yang diselenggarakan di kelas benar-benar efektif dan berguna untuk mencapai kemampuan pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang diharapkan. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran guru pada mata pelajaran alat ukur di SMK Muhammadiyah 2 Boja? (2) Bagaimana sarana-prasarana terhadap hasil belajar mata pelajaran alat ukur di SMK Muhammadiyah 2 Boja? (3) Apakah ada pengaruh peran guru dan sarana-prasarana terhadap hasil belajar siswa kelas X  teknik kendaraan ringan pada mata pelajaran alat ukur di SMK Muhammadiyah 2 Boja? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran alat ukur di SMK Muhammadiyah 2 Boja. (2) Untuk mengetahui peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran alat ukur di SMK Muhammadiyah 2 Boja. (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh peran guru dan sarana-prasarana  terhadap hasil belajar siswa kelas X teknik kendaraan ringan pada mata pelajaran alat ukur di SMK Muhammadiyah 2 Boja.


                Metode Penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan expost facto. Sampel yang digunakan yaitu siswa SMK Muhammadiyah 2 Boja kelas X sebanyak 78 siswa. Analisis data menggunakan uji deskriptif dan uji regresi.  Hasil Analisis. Sebagian besar siswa, yaitu 48,7% mempunyai persepsi cukup terhadap peran guru. Hasil belajar mata pelajaran alat ukur rata-rata sebesar 78,22. Peran guru mempunyai pengaruh positif terhadap hasil belajar. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya pengaruh signifikan dengan nilai signifikansi F sebesar 0,000 lebih rendah dari 0,05 menunjukkan Ha diterima, sehingga hipotesis yang menyatakan “ada pengaruh peran guru dan Sarana-prasarana  terhadap hasil  belajar siswa kelas x teknik kendaraan ringan pada mata pelajaran alat ukur di SMK Muhammadiyah 2 Boja tahun pelajaran 2019/2020” dapat diterima. Hal ini menunjukkan bahwa variasi Peran Guru (X1), dan Sarana Prasarana  (X2), mampu menjelaskan variabel Hasil belajar Siswa (Y) sebesar 67,5 %, dan sisanya yaitu sebesar 32,5 % dijelaskan oleh variabel lain diluar model.


 


Kata Kunci : Peran Guru sarana-prasarana Hasil Belajar Siswa

References

Hamalik, O. (2009). Media Pendidikan. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Jamaludin. (2014). Pengaruh Peran Guru terhadap Prestasi Belajar Kelas XI TKR pada Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Sub Kompetensi Sistem Pengapian Konvensional. Jurnal Pendidikan Gardan, 4(1).

Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Syaodih, N. (2009). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Ahmadi, Abu dan Supriyono widodo Sri. 2004 psikologi belajar jakarta rinnieka Cipta..
Bagian Proyek Pengembangan Kurikulum Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. 2002. Modul Pembelajaran Interaktif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dengan Ghozali, Imam 2005. Apilkasi Annalisis Multivarite dengan Program SPSS, Edisi ketiga Penerbit Badan penerbit Universitas Diponegoro Semarang

Karwati, Euis dan Donni Juni priansa 2014. Manajemen kelas ( clasroom Management ) Guru profesional yang inspiratif ,kreatif, Menyenangkan , dan berprestasi . Bandung : Alfabeta.

Mulyasa, E 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi; Konsep karakteristik dan implementasi Bandung : Roda Karya

Naili, Rochmatun. 2013. Makalah Media Audio Visual. http://rochmatun-naili.blogspot.com/2012/05/media-audio-visual.html. Diakses tanggal 26 Desember 2014.

Prasetyawan, Harnendro. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Permesinan Mata Pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan Siswa Kelas X Menggunakan Media Audio Visual. Semarang: Unnes

Sanjaya, Wina. 2010. Steategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media.

Sudjana, Nana. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Published
2021-04-28
How to Cite
GINANJAR, Achmad; SARSETYONO, Yohanes; APRIYANTO, Nuraedhi. PENGARUH PERAN GURU DAN SARANA-PRASARANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN PADA MATA PELAJARAN ALAT UKUR. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 19 - 29, apr. 2021. ISSN 2715-9922. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1646>. Date accessed: 26 oct. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.