ANALISIS KINEMATIK PENGEREMAN PADA MOBIL AVANZA TYPE G

  • Adi Kurniawan Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Sena Mahendra Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Bayu Ariwibowo Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

Adi Kurniawan, NPM. C3216110057. Analisis Kinematik Pengereman Pada Mobil Avanza Type G. Skripsi. PVTM . Fakultas Sains dan Teknologi.UniversitasI vet Semarang, 2020.


Penelitian ini bertujuan untukmenemukan hubungan keterikatan antara parameter utama kinematik yang terdapat pada prosespengereman yaitu gaya, jarak dan waktu pada proses pengereman. Perbedaan pola dan karakteristik dari proses pengereman padakendaraan dinilai sangat penting untuk diketahui disebabkan sistem rem merupakan sistem yang mempunyai peran besarterhadap keamanan dalam berkendara. Yang kemudian hasil penelitian menunjukan bahwa parameter gaya berbanding terbalikterhadap jarak dan waktu pengereman ( gaya >< jarak dan waktu)semakinbesargaya yang di berikanlebihsedikithasildarijarakdanwaktu.


Kesimpulan utama dari hasil penelitian adalahkarateristik pada proses pengereman mempunyai kecenderungan yang tidak jauh berbeda tetapi memiliki perubahan jarak danwaktu pengereman yang dapat berubah ubah pada setiap variasi gaya yang diberikan pada saat sebelum dan setelah sistem rempada kendaraan diperbaiki, Performa terjadi kenaikan yang signifikan antara ebelum dan sesudah perbaikan padakendraan yaitu : sebelum perbaikan (16%) menunjukan bahwaken daraan tidaklayak digunakan, dan sesudah perbaikan (91%), dan jenis jalan mempengaruhi besar kecilnya jarak dan waktu dari hasil penelitian di dua jalan yaitu jalan cor beton dan jalan aspal hasilpengujian berbeda, di jalan aspal lebih besar di bandingkan di jalan cor beton.


 


Kata Kunci: Hubungan; pengereman; gaya; jarak; waktu; karateristik; keamanan; berbandingterbalik; sebelum; sesudah; perfoma: jalancor: jalanaspal

References

Ahmad, Afif. 2015. “Analisa Vapor Lock Pada Sistem Rem Tipe Hidrolik Pneumatik dan Pengaruhnya Terhadap Daya Pengereman Bus”. Universitas Mercu Buana. Jakarta

Atmika, Ketut Adi. Subagia, D G Ary. Sutranta, Nyoman. Pramono, Agus Sigit. 2008. “Simulation of Motorcycle Smart Handling With Addition Gyroscopic Component”. The Journal of Technologi and Science, Vol.20 No. 2.

Grelbe, Poul. 2007. “Braking Distance Friction and Behavior”. Denmark. Trafitec Scion – DTU Diplomvej bygning.

Sabri, Muhammad.2018. “Studi Eksperimental Analisa Kinematik Pengereman Mobil” TALENTA Publisher, Universitas Sumatera Utara

Team toyota. 1995. NEW STEP 1 : Training Manual. Jakarta : Toyota Astra Motor PT.
Published
2021-04-28
How to Cite
KURNIAWAN, Adi; MAHENDRA, Sena; ARIWIBOWO, Bayu. ANALISIS KINEMATIK PENGEREMAN PADA MOBIL AVANZA TYPE G. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 83 - 93, apr. 2021. ISSN 2715-9922. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1656>. Date accessed: 26 oct. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.