Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Materi Komposisi Transformasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA-6 SMA Negeri 1 Jepara. Pengumpulan data melalui tes dan non-tes. Teknik tes untuk mengetahui prestasi belajar dengan menggunakan butir soal sedangkan teknik non tes untuk mengetahui perkembangan motivasi belajar dengan menggunakan lembar pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dari rendah menjadi tinggi dan nilai rata-rata prestasi belajar matematika siswa naik 31,86% dari 62,97 menjadi 83,03 dengan tingkat ketuntasan naik hampir tiga kali lipat dari 21,05% menjadi 81,58%, sehingga disimpulkan penerapan pembelajaran berbasis masalah berbantuan GeoGebra dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika materi komposisi transformasi.


Kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah; geogebra; motivasi belajar; prestasi belajar


 


ABSTRACT


Purpose of this study is to improve students’ achievement and motivation towards mathematics. This is an action research that carried out students grade  XII MIPA-6 of SMA Negeri 1 Jepara. Data of students’ achievement is assessed by giving test, while data of students’ motivation is observed by observation sheet. The result shows that students’ motivation improve from low level to high level. Means of students’ mathematics achievement increase as much as 31,86% , from 62,97 to 83,03. Students which passed KKM increase from 21,05% to 81,58%.Thusimplementation of problem based learning with GeoGebra increases students’achievement and motivation in composition of transformation.


Keywords: problem based learning; geogebra; students’ motivation; learning achievement

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adha, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra di SMP Aekkanopan. Tesis Universitas Negeri Medan: Tidak diterbitkan.

Arbain, N., & Shukor, N. A. (2015). The effects of GeoGebra on students achievement. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 172, 208-214.

Cahyono, B. (2014). Implementasi Media Software Geogebra dan Screencase Dalam Pembelajaran Geometri Transformasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Tadris Matematika. Jurnal AKSIOMA, 5(2).

Choi, K. S. (2010). Motivation students in learning mathematics with Geogebra. Annals Computer Science Series, 8(2), 65-76.

Hohenwarter, Markus and Judith Hohenwarter. (2008). Teaching and calculus with free dinamic mathematics software GeoGebra. http://tsg.icme11.org/document/get/666.

Ketaren, R.J., Kho, R., Tandiling, P. (2015). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Geogebra Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Persamaan dan Fungsi Kuadrat Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Sentani. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya, 1(2), 31-38.

Mahmudi, Ali. (2010). Membelajarkan Geometri dengan Program Geogebra. Makalah. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, 27 Nopember 2010.

Marpaung, Y. (2006). Metode Pembelajaran Matematika Untuk Anak SD/MIN. Makalah disampaikan pada Sarasehan Pengembangan Pembelajaran di SD dan TK Fakultas Ilmu Pendidikan. UNY: Yogyakarta.

Nopiyanti, N., L., P., A. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Berbantuan Geogebra Dalam Upaya Meningkatkan Keterlibatan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII. Jurnal Penelitian Pascasarjana UNDIKSHA, 1(2), 1-11.

Redhana, I., W. (2012). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pertanyaan Socratik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan: Cakrawala Pendidikan, 3, 351-365.

Reis, Z. A. (2010). Computer Supported With Geogebra. Procedia Social and Behavioral Sciences, 9, 1449–1455.

Ross, J. A.,& Bruce, C. D. (2009). Student Achievement Effects Of TechnologySupported Remediation Of Understanding Of Fractions. Int J Math Educ Sci Technol, 40, 713-727.

Rutherford, F. J & Ahlgren, A. (1990). Science for All Americans. New York: Oxford University Press.

Tanaka, Y. (2012). “Lesson Study : Teori dan Praktik”. Makalah. Seminar Nasional Matematika di Universitas Negeri Semarang. Semarang, 13 Oktober 2012.

Tatar, E., (2012). The Effect Of Dynamic Mathematics Software On Achievement In Mathematics: The Case Of Trigonometry. Energy Education Science and Technology Part B:Social and Educational Studies, 4(1), 459-468.

Yanti. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Komunikasi dan Konsep Diri Matematik Siswa SMP Melalui Pembeljaran Kontekstual Berbantuan Geogebra. Jurnal Penellitian Pendidikan, 16(2), 160-166.

Wah, l. K. (2015). The Effects Of Instruction Using The Arcs Model And Geogebra On Upper Secondary Students'motivation And Achievement In Learning Combined Transformation. Asia Pacific Journal Of Educators and Education, 30, 141-158.
Published
2017-01-19
How to Cite
. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Materi Komposisi Transformasi. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 42-48, jan. 2017. ISSN 2549-5070. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/456>. Date accessed: 01 july 2025.