Penerapan Reciprocal Learning untuk Melatih Kecakapan Akademik Mahasiswa pada Mata Kuliah Sejarah Matematika

  • Attin Warmi Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Alpha Galih Adirakasiwi Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kiki Nia Sania Efendy Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian kecakapan akademik dan gambaran tingkat kecakapan akademik mahasiwa dalam mata kuliah sejarah matematika dengan menggunakan reciprocal learning. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester dua kelas C sebagai kelas control dan kelas F sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan tes uraian kecakapan akademik dan observasi. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kelompok kontrol tidak ekuivalen (the nonequivalent control group design). Selain menggunakan desain penelitian tersebut, penelitian ini juga mengadopsi penelitian campuran (mixed method) dengan desain sequential explanatory. Hasil tes kecakapan akademik mahasiwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut yaitu 85,24 dan 66,75. Berdasarkan hasil uji statistik, kecakapan akademik mahasiswa yang menggunakan reciprocal learning lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan analisis data hasil kecakapan akademik dari delapan pertemuan menunjukkan nila rata-rata kemampuan kecakapan akademik mahasiswa pada kelas eksperimen adalah 80,58 dan tergolong dalam kategori tinggi, yang terdiri dari empat aspek yaitu mengidentifikasi variabel 91,81; menghubungkan variabel 74,03; merumuskan hipotesis 72,74; dan melaksanakan penyelidikan 83,73. Kesimpulannya, Reciprocal Learning dapat melatih kecakapan akademik mahasiswa dalam dalam mata kuliah sejarah matematika.


Kata kunci: kecakapan akademik, reciprocal learning, sejarah matematika.


 


ABSTRACT


The aim of this study is to determine the achievement of academic skills and to overview the students’ academic skills level in history of mathematics course with reciprocal learning. Subjects in this study were second semester students of C class as the control class and F class as the experimental class. Data was collected by essay test of academic skills and observations. The design used in this study is the nonequivalent control group design. In addition, this study also adopted a mixed method with sequential explanatory design. The results of the students’ academic achievement in experimental class and control class, respectively, were 85.24 and 66.75. Based on the results of statistical tests, the academic achievement of students who used reciprocal learning was better than students who used conventional learning. Based on the analysis of observation in eight meetings, the average score of the ability of students’ academic skills in experimental class was 80.58 and it belonged to the high category, which consisted of four aspects, namely identifying variables with 91.81, connecting variables with 74.03, formulating hypotheses with 72.74, and carry out investigations with 83.73. So, reciprocal learning can train students’ academic skills in learning and it can be seen from the better obtained results.


Keywords: academic skills, reciprocal learning, mathematics history.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, N. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Mengintegrasikan HOM (History of Mathematics) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika Dalam Membangun Karakter Guru Dan Siswa, 1–8.

Aldilla, S. B., Marianingsih, P., & Nulhakim, L. (2016). Profil Kecakapan Akademik Siswa melalui Praktikum Berbasis Guided Inquiry pada Konsep Sistem Pernapasan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i1.444

Amilasari, A., & Sutiadi, A. (2008). Peningkatan Kecakapan Akademik Siswa SMA dalam Pembelajaran Fisika melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pengajaran MIPA, 12(2), 1–18. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v12i1.312

Argaswari, D. P. A. D. (2018). Integrasi Sejarah Matematika untuk Meningkatkan Atensi Siswa. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 59–65. https://doi.org/10.31002/ijome.v1i1.950

Depdiknas. (2007). Pengembangan Model Pendidikan Kecakapan Hidup. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hanifaturrahmah, A. H., Yennita ’, & Syahril ’. (2015). Peningkatan Kecakapan Akademik (Academic Skill) Siswa dalam Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry Approach). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–11.

Kurniawati, A., Matsum, J. H., & Asriati, N. (2014). Efektifitas Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1). Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4296

Meyer, K. (2014). Making Meaning in Mathematics Problem Solving using the Reciprocal Teaching Approach. Literacy Learning: The Middle Years, 22, 7–14.

Muslimin, M., Indaryanti, I., & Susanti, E. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Model Reciprocal Teaching untuk Melatih Kecakapan Akademik Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–14. https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.4682.1-14

Noriasih, N. K. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Pemahaman Bacaan Ditinjau Dari Konsep Diri Akademik Siswa. Jurnal IKA, 11(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1987

Palinscar, A. S., & Brown, A. L. (1984). Reciprocal Teaching of Comprehension-Fostering and Comprehension-Monitoring Activities. Cognition and Instruction, 1(2), 117–175. https://doi.org/10.1207/s1532690xci0102_1

Pilten, G. (2016). The Evaluation of Effectiveness of Reciprocal Teaching Strategies on Comprehension of Expository Texts. Journal of Education and Training Studies, 4(10), 232–247. https://doi.org/10.11114/jets.v4i10.1791

Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 2(1). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/118

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumardyono. (2003). Sejarah Topik Matematika Sekolah. Retrieved from http://p4tkmatematika.org/2012/08/pemanfaatan-sejarah-matematikadi-sekolah/

Wahyu, K., & Mahfudy, S. (2016). Sejarah Matematika: Alternatif Strategi Pembelajaran Matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 89–110. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i1.6
Published
2019-01-02
How to Cite
WARMI, Attin; ADIRAKASIWI, Alpha Galih; EFENDY, Kiki Nia Sania. Penerapan Reciprocal Learning untuk Melatih Kecakapan Akademik Mahasiswa pada Mata Kuliah Sejarah Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 41-53, jan. 2019. ISSN 2549-5070. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/690>. Date accessed: 22 may 2019. doi: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.690.