Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie

  • Ratih Puspasari STKIP PGRI Tulungagung

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah selama proses perkuliahan Teori Graf berlangsung buku yang digunakan oleh mahasiswa mengacu pada berbagai buku teks yang beredar di pasaran namun urutan penyampaiannya tidak seragam dan terstruktur. Buku teks khusus teori graf sangat jarang sekali ada. Kalaupun ada, seringkali masuk pada sub bab matematika diskrit, sehingga dosen sering mengalami kesulitan untuk meramu materi yang sesuai dengan silabus dan RPS. Ketidaktersediaan buku Teori Graf yang dijadikan acuan sebagai sumber belajar menyebabkan mahasiswa sulit memahami konsep. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan buku ajar kompilasi Teori Graf yang berkualifikasi baik dan layak diterapkan dalam perkuliahan teori graf oleh dosen dan mahasiswa di STKIP PGRI Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian dengan model ADDIE yang terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil validasi buku ajar teori graf menunjukkan bahwa ahli isi/materi menilai buku ajar berkualifikasi baik, ahli desain pembelajaran menilai buku ajar berkualifikasi baik, dan ahli media pembelajaran menilai buku ajar berkualifikasi baik. Rerata hasil uji pada kelompok kecil baik dosen maupun mahasiswa menunjukkan bahwa buku ajar yang dihasilkan berada pada kualifikasi baik. Hasil penelitian pengembangan adalah buku ajar kompilasi teori graf berkualifikasi baik, layak, dan siap digunakan oleh dosen dan mahasiswa di STKIP PGRI Tulungagung.


Kata kunci: buku ajar kompilasi, teori graf, model ADDIE.


 


ABSTRACT


The background of this research is, during the Graph Theory lecture, the books used by students are textbooks on the market which have an unstructured contents and order. Special textbooks on graph theory are very rare, even if they are often included in the sub-chapter of discrete mathematics, so that lecturers often have difficulty compiling material that is in accordance with the syllabus and lesson plans. The unavailability of the graph theory book as learning sources has made the lack of students’ understanding the concept. The purpose of this study is to produce good quality and feasible text theory compilation textbooks in lectures on graph theory by lecturers and students at STKIP PGRI Tulungagung. This research is a development research. The development model used in this study is the ADDIE model, which includes five steps: analysis, design, development, implementation, and evaluation. Data is collected using questionnaire. The results of the validation of graph theory textbooks are content/material experts assess textbooks as well qualified, learning design experts assess textbooks as well qualified, and learning media experts assess textbooks as well qualified. The average test results in small groups both lecturers and students indicate that the textbook is in good qualification. Thus the development research stated that the textbook compilation of qualified graph theory is good, feasible, and ready to be used by lecturers and students at STKIP PGRI Tulungagung.


Keywords: compilation textbook, graph theory, ADDIE model.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anglada, D. (2007). An Introduction to Instructional Design: Utilizing a Basic Design Model. Retrieved from http://www. pace. sdu/ctlt/newsletter

Cheung, L. (2016). Using the ADDIE Model of Instructional Design to Teach Chest Radiograph Interpretation [Research article]. https://doi.org/10.1155/2016/9502572

Molenda, M. (2003). In search of the elusive ADDIE model. Performance Improvement, 42(5), 34–36. https://doi.org/10.1002/pfi.4930420508

Mulyatiningsih, E. (2012). Modul kuliah pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Paulina, P., & Purwanto, P. (2005). Penulisan Bahan ajar. Jakarta: PAU PPAI - UT.

Sihotang, C., & Sibuea, A. M. (2015). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kontekstual dengan Tema “Sehat itu Penting.” Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2). Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/teknologi/article/view/3293

Walida, S. E. (2011). Pengembangan Bahan Ajar dalam Bentuk Multimedia Interaktif pada Mata Kuliah Teori Graph untuk Pembelajaran Matematika Berbasis Digital. (Tesis). DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 0(0). Retrieved from http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/10685

Widodo, C. S., & Jasmadi, J. (2008). Panduan menyusun bahan ajar berbasis kompetensi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Published
2019-01-04
How to Cite
PUSPASARI, Ratih. Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 137-152, jan. 2019. ISSN 2549-5070. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/702>. Date accessed: 18 aug. 2019. doi: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702.