Pengembangan Buku Kerja Pengantar Dasar Matematika Berbasis Konstruktivisme

  • Zulfitri Aima STKIP PGRI Sumbar
  • Rahima Rahima STKIP PGRI Sumatera Barat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku kerja berbasis konstruktivisme yang valid untuk materi himpunan di STKIP PGRI Sumatera Barat. Materi himpunan diajarkan pada mata kuliah Pengantar Dasar Matematika pada mahasiswa semester 2. Penelitian mengikuti model umum desain penelitian Plomp, yaitu preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase, yang mana penelitian ini hanya membahas tahap prototyping phase. Tahap preliminary research telah selesai dilaksanakan dengan kesimpulan adalah siswa membutuhkan bahan ajar yang dapat membangun pengetahuan baru sehingga memudahkan mereka dalam memahami materi dan membangun pengetahuan mereka, yaitu buku kerja berbasis konstruktivisme. Data lembar validasi dianalisis secara kuantitatif dengan diperoleh rata-rata 2,82. Hasil angket dan pedoman wawancara menyatakan bahwa buku kerja praktis digunakna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku kerja berbasis konstruktivisme Pengantar Dasar Matematika valid dari segi kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan, serta praktis digunakan berdasarkan waktu, penggunaan, dan manfaat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elvinawati. (2011). Optimalisasi Pembelajaran Kimia Pemisahan Melalui Penerapan Pendekatan Konstruktivisme dan Model Peta Konsep. Jurnal Exacta, Vol. IX, No. 1 Juni 2011 ISSN 1412-3617, 23-28.
Fadillah, S., & Jamilah. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Struktur Aljabar untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa. Cakrawala Pendidikan, Februari 2016, Th. XXXV, No. 1, 106-113.
Isandespha, I.N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Materi Pembelajaran Matematika SD dengan Pendekatan Realistik Bernuansa Islami untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Elementary School, Vol. 2 No. 1 Januari 2015 ISSN 2338-980X, 1-12.
Edriati, S., Anggraini, A., & Siska, M. (2015). Efektivitas Model Jigsaw disertai Penilaian Diskusi untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Mahasiswa. Cakrawala Pendidikan, Juni 2015, Th. XXXIV, No.2, 288-295.
Majid, Abdul. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Misdalina, Zulkardi & Purwoko. (2009). Pengembangan Materi Integral untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 3, No. 1, Januari 2009, 61-74.
Nugraha, A., & Dwiyana, A. S. (2014). Dasar-dasar Matematika dan Sains. PAUD4305/Modul1.
Nurhajati. 2014. Pengaruh Penerapan Pendekatan Konstruktivisme dengan Model Pembelajaran Kooperatif Program Cabri 3D terhadap Kemampuan Penalaran dan Konsek Matematis Siswa SMA di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. Vol. 1, No. 1. pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/download/6/6. 2014.
Paradesa, R., Zulkardi & Darmawijoyo. (2010). Bahan Ajar Kalkulus 2 Menggunakan Macromedia Flash dan Maple di STKIP PGRI Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 4, No. 1, Juni 2010, 95-109.
Plomp, T. 2013. “Educational Design Research an Introduction”, dalam Tjeerd Plomp dan Nienke Nieveen (Eds.), Educational Design Reserach Part A: An Introduction (hlm. 9-35). Enschede: slo.
Ramdani Y. (2012). Pengembangan Instrumen dan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, dan Koneksi Matematis dalam Konsep Integral. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 13. No. 1, April 2012, 44-52.
Rosnawati R. (2009, 16 Mei). Enam Tahapan Aktivitas dalam Pembelajaran Matematika untuk Mendayagunakan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Artikel dipresentasikan pada Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.

Setyaningsih N. (2009). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Mahasiswa dalam Pemecahan Masalah Pengantar Dasar Matematika melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Konstruktivis. Varia Pendidikan, Vol. 21, No. 1, Juni 2009, 12-23.
Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Siagian, MD. (2016). Kemampuan Konseksi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science) ISSN: 2528-4363. Vol. 2, No.1, Oktober 2016, 58-67.
Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suparno, Paul. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Published
2020-01-20
How to Cite
AIMA, Zulfitri; RAHIMA, Rahima. Pengembangan Buku Kerja Pengantar Dasar Matematika Berbasis Konstruktivisme. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 161-171, jan. 2020. ISSN 2549-5070. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/961>. Date accessed: 24 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.961.