Deskripsi Motivasi Belajar Mahasiswa Ppkn

  • Sukoco Sukoco Universitas IVET

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis motivasi belajar mahasiswa PPKn-FKIP Universitas IVET di  Semarang. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif persentase yang berusaha menggambarkan motivasi belajar secara keseluruhan mahasiswa PPKn. Subjek penelitian adalah seluruh PPKn-FKIP Universitas IVET yang berjumlah 60 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Sebelum angket digunakan untuk mengumpulkan data di lapangan terlebih  diujicobakan kepada 10 mahasiswa  dan hasilnya instrumen angket telah valid dan reliabel. 


Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa motivasi belajar yang dimiliki dan dilakukan  mahasiswa  PPKn-FKIP Universitas IVET di  Semarang  termasuk kriteria sangat tinggi, hal ini   dapat dijabarkan dari indikator-indikator yang mengkajinya,  yaitu:  1) motivasi belajar instrinsik diperoleh skor 720 atau 80,00% dengan kriteria sangat tinggi;  2) motivasi belajar enstrinsik  diperoleh skor 731 atau 81,22% dengan kriteria sangat tinggi;  3) motivasi dalam kegiatan belajar itu sendiri  diperoleh skor 724 atau 80,44% dengan kriteria sangat tinggi; dan 4) motivasi untuk berprestasi  diperoleh skor 723 atau 80,33% dengan kriteria sangat tinggi dari keseluruhan subyek 60 mahasiswa sebagai responden.


 


Kata kunci: Motivasi belajar, mahasiswa.

Published
2020-08-28
How to Cite
SUKOCO, Sukoco. Deskripsi Motivasi Belajar Mahasiswa Ppkn. PAWIYATAN, [S.l.], v. 27, n. 02, p. 61 - 67, aug. 2020. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/1269>. Date accessed: 29 sep. 2020.
Section
Articles