Deskripsi Motivasi Belajar Mahasiswa Ppkn
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis motivasi belajar mahasiswa PPKn-FKIP Universitas IVET di Semarang. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif persentase yang berusaha menggambarkan motivasi belajar secara keseluruhan mahasiswa PPKn. Subjek penelitian adalah seluruh PPKn-FKIP Universitas IVET yang berjumlah 60 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Sebelum angket digunakan untuk mengumpulkan data di lapangan terlebih diujicobakan kepada 10 mahasiswa dan hasilnya instrumen angket telah valid dan reliabel.
Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa motivasi belajar yang dimiliki dan dilakukan mahasiswa PPKn-FKIP Universitas IVET di Semarang termasuk kriteria sangat tinggi, hal ini dapat dijabarkan dari indikator-indikator yang mengkajinya, yaitu: 1) motivasi belajar instrinsik diperoleh skor 720 atau 80,00% dengan kriteria sangat tinggi; 2) motivasi belajar enstrinsik diperoleh skor 731 atau 81,22% dengan kriteria sangat tinggi; 3) motivasi dalam kegiatan belajar itu sendiri diperoleh skor 724 atau 80,44% dengan kriteria sangat tinggi; dan 4) motivasi untuk berprestasi diperoleh skor 723 atau 80,33% dengan kriteria sangat tinggi dari keseluruhan subyek 60 mahasiswa sebagai responden.
Kata kunci: Motivasi belajar, mahasiswa.