PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KOMPETENSI DASAR PEMELIHAARAAN SEPEDA MOTOR SESUAI STANDAR SKKNI KELAS XI TBSM SMK MIFTAHUS SA’ADAH WIROSARI GROBOGAN

  • Abdul Rohman Universitas IVET
  • Fuad Abdillah
  • Herry Sulendro Mangiri

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui model pembelajaran kepada siswa pada pelajaran pemeliharaan dasar system sepeda motor, kemudian mengetahui perlunya penerapan metode learning kooperatif type grup invetigations dalam pembelajaran pemeliharaan dasar sepeda motor serta mengetahui efektivitas penerapan metode learning kooperatif type grup invetigations dalam pembelajaran pemeliharaan dasar sepeda motor. Jenis penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas PTK dalam bahasa inggris yaitu (Classroom Action Research )yaitu suatu penelitian yang meningkatkan pendidikan dengan melakukan perubahan kearah perbaikan terhadap hasil pendidikan dan pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa langkah seperti (1) Observasi (2) Waawancara (3) Tes (4) Studi documenter. Berdasarkan data yang telah disajikan diatas, peningkatan ketuntasan dari pra siklus sebesar 25% menjadi 37,5%. Pada siklus I ini peneliti menerapkan metode pembelajaran Kooperatif Learning Type Group Investigation. Hasil penelitian siklus I ini sesuai dan meningkatkan ketuntasan pembelajaran pemeliharaan sepeda motor mengalami peningkatan hasil belajar dari 25% pada pra siklus menjadi 37,5% pada siklus I, pada siklus I pertemuan I terdapat peningkatan hasil penelitian ketuntasan siklus I pertemuan I sebesar 37,5% menjadi 68,75% pada Siklus I pertemuan ke II. Kemudian rata rata ketuntasan dari siklus I pertemuan I sebesar 68,9. Hal ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Terbukti bahwa pembelajaran Kooperatif Learning tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor Pada pembelajaran Pemeliharaan Sepeda Motor di SMK Miftahussa’adah Wirosari.

References

Abdillah, Fuad. Manajemen organisasi pendidikan kejuruan. Cerdas Ulet Kreatif Publisher, 2020.
[2] Abdurrahman el-Hayyir’in “Yakzatü’l-Müslimîn el- ‘Aleviyyîn” Adl? Makalesi: Tercüme ve De?erlendirme. e-Makalat Mezhep Ara?t?rmalar? Dergisi, 2023, 16.1: 400-448.
[3] Agus Suryansyah. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Kelas X Tbsm 1 Smk Negeri 1 Nagan Raya. 3.
[4] Agus, Suprijono. "Cooperative learning teori dan aplikasi paikem." Yogyakarta: Pustaka Pelajar (2009): 5-6.
[5] Ahyari, A. (2002). Manajemen Produksi Pengendalian Produksi Buku 2.
[6] Anita Lie. (2008). Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
[7] Gufran, G., & Mataya, I. (2020). Pemanfaatan E-Modul Berbasis Smartphone Sebagai Media Literasi Masyakarat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(2).
[8] Gokhale, A. A. (1995). Collaborative learning enhances critical thinking. Volume 7 Issue 1 (fall 1995).
[9] Hasan, S., Rakhman, M., & Ardiana, H. (2011). Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Perawatan Dan Perbaikan Sistem Refrigerasi. Vii, 189–198.
[10] Ifta Hadi, Donny Fernandez, W. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe group investigation (gi) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor kelas xi teknik sepeda motor (tsm) di smk negeri 2 payakumbuh. 7.
[11] Martinis Yamin. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta.
[12] Masnur Muslich. (2011). Melaksanakan PTK itu Mudah (Classroom Action Research). Jakarta: Bumi Aksara.
[13] Miftahul Huda. (2012). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[14] Novie Ria Lestari. (2010). Penerapan Metode Kooperatif Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kompetensi Siswa pada Pembelajaran Sosiologi Kelas X.7 di SMA N 6 Yogyakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. UNY.
Published
2023-12-11
How to Cite
ROHMAN, Abdul; ABDILLAH, Fuad; MANGIRI, Herry Sulendro. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KOMPETENSI DASAR PEMELIHAARAAN SEPEDA MOTOR SESUAI STANDAR SKKNI KELAS XI TBSM SMK MIFTAHUS SA’ADAH WIROSARI GROBOGAN. Prosiding Seminar Nasional & Internasional EDUSTEM, [S.l.], p. 1-8, dec. 2023. ISSN 3032-3010. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/EDUSTEM/article/view/2889>. Date accessed: 03 aug. 2025.