ANALISIS DAMPAK CHAT GPT TERHADAP NILAI AKADEMIK MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ESTIMASI

  • Wahyu Andreyan Sugiyanto Universitas Ivet, Jl. Pawiyatan Luhur IV/17, Semarang, 50233, Indonesia
  • Kurniawati Kurniawati Universitas Ivet, Jl. Pawiyatan Luhur IV/17, Semarang, 50233, Indonesia
  • Henny Prasetyani Universitas Ivet, Jl. Pawiyatan Luhur IV/17, Semarang, 50233, Indonesia

Abstract

Penggunaan Chat GPT dapat meningkatkan tingkat kemalasan siswa karena beberapa faktor. Ketersediaan Chat GPT sebagai sumber informasi yang cepat dan mudah dapat mengurangi motivasi siswa untuk melakukan penelitian dan pemahaman mandiri menjadi salah satu faktornya. Berdasarkan data dari kuesioner yang telah saya sebarkan diperoleh rata-rata nilai IPK mahasiswa prodi Sistem dan Teknologi Informasi sebesar 3.5 dengan durasi, tujuan dan persepsi penggunaan Chat GPT yang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini untuk (1) Mendapatkan data tentang pengaruh Chat GPT terhadap nilai mahasiswa Prodi Sistem dan Teknologi Informasi Universitas Ivet; (2) Mencari tahu apakah mahasiswa Prodi Sistem dan Teknologi Informasi Universitas Ivet memiliki ketergantungan terhadap Chat GPT. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diumumkan kepada mahasiswa program studi Sistem dan Teknologi Informasi Universitas Ivet yang menggunakan Chat GPT. Metode estimasi dengan algoritma regresi linier digunakan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan Chat GPT dengan nilai akademik siswa dan tingkat ketergantungan penggunaan Chat GPT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Chat GPT berdampak terhadap nilai akademik walaupun dampak yang ditimbulkan tidak signifikan hanya sebesar 5,2%. Dampak tersebut bernilai positif karena koefisien (?) bernilai positif. (2) Tingkat ketergantungan siswa dalam penggunaan Chat GPT dapat ikatakan tinggi dengan skor 17,43. Skor tersebut didapat dari rata-rata indeks ketergantungan yang didapat.


 

References

[1] P. E. Ceruzzi, A History of Modern Computing, second edition. 2003.
[2] M. Castells, “The Rise of the Network Society, The Information Age,” in Economy, Society and Culture, vol. 1, no. Preface to the 2010 Edition, 2011.
[3] O. Yusuf and L. Maulida, “Pengguna Aktif Mingguan ChatGPT Tembus 100 Juta Pengguna Aktif Mingguan ChatGPT Tembus 100,” Kompas.com, 2023.
[4] N. Muhamad, “Deretan Aplikasi AI Terpopuler Dunia 2023, Chat GPT Juaranya,” databoks.katadata.co.id.
[5] T. Karakose, “The Utility of ChatGPT in Educational Research-Potential Opportunities and Pitfalls,” 2023. doi: 10.22521/edupij.2023.122.1.
[6] L. Wang, “Student Procrastination and Academic Performance: The Role of Technology,” J. Higher Educ., vol. 39, no. 1, pp. 88–102, 2020.
[7] D. Kalla and S. Kuraku, “Study and analysis of Chat GPT and its impact on different fields of study,” Int. J. Innov. Sci. Res. Technol., vol. 8, no. 3, 2023.
[8] Sugiyono, Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.
[9] G. G. Montgomery, D. C., Peck, E. A., & Vining, Introduction to Linear Regression Analysis (5th ed.). John Wiley & Sons. 2012.
Published
2024-12-31
How to Cite
SUGIYANTO, Wahyu Andreyan; KURNIAWATI, Kurniawati; PRASETYANI, Henny. ANALISIS DAMPAK CHAT GPT TERHADAP NILAI AKADEMIK MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ESTIMASI. Prosiding Seminar Nasional & Internasional EDUSTEM, [S.l.], p. 146-155, dec. 2024. ISSN 3032-3010. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/EDUSTEM/article/view/3483>. Date accessed: 16 feb. 2025.