PENGARUH PENAMBAHAN KAPASITOR PADA SISTEM PENGAPIAN AC (ALTERNATING CURRENT) DAN VARIASI BUSI TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR 4 TAK 100 CC
-
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan kapasitor dan variasi busi terhadap kandungan emisi gas buang pada sepeda motor Honda Supra X 100cc. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan statistik deskriptif. Obyek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sepeda motor Supra X 100cc dengan variabel bebas busi standar, racing, dan iridium. Tempat penelitian dilakukan di Bengkel Otomotif PVTM Ivet Semarang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan melakukan eksperimen melalui pengujian terhadap obyek yang akan diteliti dan mencatat data-data yang diperlukan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif yaitu mendiskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Data-data yang dihasilkan yaitu meliputi besarnya kandungan zat CO, HC, CO2, O2, lamda dan AFR. Hasil penelitian menunjukkan hasil dari kandungan gas CO tertinggi dihasilkan oleh Busi Racing dengan menggunakan tambahan kapasitor dengan nilai rata-rata 6,80 %. Sedangkan kandungan gas CO terendah dihasilkan oleh Busi original atau standar tanpa menggunakan tambahan kapasitor dengan nilai rata-rata 5,93 %. Sedangkan, HC tertinggi dihasilkan oleh Busi Racing dengan menggunakan tambahan kapasitor dengan nilai rata-rata 485 ppm hampir sama dengan yang dihasilkan oleh busi original dengan penambahan kapasitor. Sedangkan kandungan gas HC terendah dihasilkan oleh Busi original atau standar tanpa menggunakan tambahan kapasitor dengan nilai rata-rata 378 ppm.
Kata Kunci: Busi, CO, HC, Racing, dan Iridium
References
[2] E. Khaeriyah, A. Saripudin, and R. Kartiyawati, “Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini,” AWLADY?: Jurnal Pendidikan Anak.
[3] D. M. Hardiyato, “Studi Eksperimen Pengaruh CDI Standar dan CDI Limit Adjustable Handmade Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor RX King 135 CC,” Universitas Ivet Semarang, 2022.
[4] Ichwanudin, J. Suwignyo, and F. Fatra, “Studi Eksperimen Pengaruh Celah Busi dan Jenis Busi Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor 4-tak 150 CC,” Journal of Vocational Education and Automotive Technology, vol. 4, no. 1, pp. 1–6, Sep. 2017, [Online]. Available: https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/2098/1520
[5] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, 10th ed. Indonesia, 2014.
[6] A. AJi, B. Santoso, and D. Danardono, “Studi eksperimental pengaturan waktu pengapian pada mesin 4 langkah 1 silinder berbahan bakar E25,” Mekanika: Majalah Ilmiah Mekanika, vol. 17, no. 2, p. 62, 2019, doi: 10.20961/mekanika.v17i2.35124.
[7] M. Khoironi, F. Ridwan, F. Teknik, U. Nahdlatul, U. Surakarta, and S. Pengapian, “Analisa perbandingan variasi dengan penambahan kapasitor pada sistem pengapian terhadap konsumsi bahan bakar honda scoopy,” vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2024.
[8] Y. A. Winoko and W. Y. Rismandara, “Pengaruh Penggunaan Busi Iridium dan Nikel Terhadap Emisi Gas Buang CO dan HC Pada Mesin 4-langkah,” Politeknik Negeri Malang, vol. 7, no. 2, pp. 26–30, 2019.