PENGARUH PROGRAM 5S DAN JOBSHEET YAYASAN TOYOTA ASTRA TERHADAP KOMPETENSI OVERHAUL BERSTANDAR SKKNI KELAS XII TKR 4 DI SMK N1 SEDAN
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan Overhaul siswa yang rendah dan pelaksanaan praktik tidak sesuai SKKNI. Melihat kondisi lapangan, jobsheet YTA dan program 5S diharap mampu mempengaruhi kompetensi Overhaul berstandar SKKNI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah jobsheet YTA dan program 5S berpengaruh pada overhaul berstandar SKKNI siswa kelas XII TKR 4 di SMK N 1 Sedan kabupaten Rembang.
Metode penelitian bersifat kuantitatif korelasional, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, dokumentasi dan observasi praktik lapangan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 36, berdasarkan nomogram Harry king didapati jumlah 30 sampel dengan penentuan random sampling. Adapun pengujian dalam penelitian ini diawali dengan uji validitas dan reliabilitas lalu dilanjutkan uji data lain secara kompleks.
Hasil penelitian ini didapati F hitung nilai praktik 1.406, F hitung nilai teori 0.290 dan F hitung nilai sikap 0.939 dimana ketiganya lebih kecil dari nilai F tabel yakni 2,052. Nilai signifikasi penilaian praktik 0.102, nilai signifikansi penilaian teori 0.467 dan nilai signifikansi penilaian sikap 0.264 dan ketiganya lebih kecil dari taraf signifikansi yakni 0,05. Koefisian determinasi menunjukkan pengaruh program 5S dan Jobsheet Toyota Astra terhadap Nilai Overhaul praktik berstandar SKKNI sebesar 9,4% nilai teori sebesar 2,2% dan sikap sebesar 6,7% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Hipotesis yang menyatakan “ Terdapat pengaruh program 5S, Jobsheet Toyota Astra terhadap Nilai Overhaul berstandar SKKNI kelas XII TKR 4 SMK N 1 Sedan Kabupaten Rembang” tidak dapat diterima.
Kata Kunci: Jobsheet YTA , Program 5S , Overhaul berstandar SKKNI
References
[2]Ahyar, H. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).
[3]Akomaddin, A., Apriyanto, N., & Ariwibowo, B. (2023). Pengaruh Teaching Factory Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi.
[4]Arifin, M. B. U. B., & Aunillah. (2021). Buku Ajar Statistik Pendidikan. In Forum Statistika dan Komputasi .
[5]Badriyah, L. (2013). 1. Identifikasi Variabel.
[6]Bekti, I. R., & Cahyadi, N. (2024). Penerapan Budaya 5S ( Seiri , Seiton , Seiso , Seiketsu , Shitsuke ) terhadap Produktivitas Karyawan
[7] A. S. Dani, F. Abdillah, and B. Ariwibowo, “Pengaruh program pintar bersama daihatsu dan minat belajar terhadap kompetensi sistem kopling terstandar skkni di smk nusantara 1 comal,” vol. 1, no. 1, 2023.
[8] M. L. Fuad, F. Abdillah, S. Mahendra, and J. Suwignyo, “Pengaruh Hasil Belajar Teknik Otomotif Terhadap Kesiapan Praktik Kerja Industri Pada Siswa Kelas Xi Tkr Smk Kesuma Margoyoso Pati,” J. Automot. Technol. Vocat. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2020, doi: 10.31316/jatve.v1i1.673.
[9] A. Akomaddin, N. Apriyanto, and B. Ariwibowo, “PENGARUH TEACHING FACTORY DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI,” vol. 5, no. 2, pp. 128–139, 2023.
[10] B. S. Husein, B. Ariwibowo, J. Suwignyo, and S. M. Aqil, “PENINGKATAN KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI PRINSIP KERJA SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK SEPEDA MOTOR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA TRAINER,” vol. 5, no. 1, 2023.
[11] Y. Wasprandiya, F. Abdillah, and F. Fatra, “PENGARUH PENERAPAN PROJECT PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN BUDAYA KERJA 5R TERHADAP KOMPETENSI,” vol. 1, no. 1, pp. 342–358, 2023.
[12] C. Pandu Sawitri, N. Apriyanto, and B. Ariwibowo, “PENGARUH TEACHING FACTORY DAN SARANA PRASARANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKRO,” vol. 4, no. 1, 2022.