PENGARUH PENGGUNAAN GAS ELPIJI TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR 4 TAK 100 CC

  • Sri Hartono Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Sena Mahendra Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Fahmy Fatra Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh gas elpiji terhadap kinerja sepeda motor 4 tak 100 cc yang berbahan pertalite, meliputi torsi, daya mesin, emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar. Penelitian kuantitatif ini mengunakan metode true experiment dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan hasil pengujian secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahawa torsi mesin yang di hasilkan gas elpiji 6,49 Nm pada 5000 RPM, lebih rendah dari torsi yang dihasilkan pertalite yaitu sebesar 7,27 pada RPM yang sama. Daya mesin pada bahan bakar elpiji yang dihasilkan juga lebih rendah yakni 5,06 Hp pada 7000 RPM, sedangkan daya mesin pada bahan bakar pertalite lebih tinggi yakni 6,13 pada RPM yang sama. Pada pengukuran emisi gas buang, bahan bakar elpiji terbukti lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan bakar pertalite. Emisi gas buang elpiji lebih rendah pada semua kandungan seperti CO, O2, CO2, HC, Lambda dan AFR. Selain itu elpiji terbukti lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar dengan efisiensi mencapai 27,99% sampai 49,98% lebih baik dibandingkan pertalite. Secara keseluruhan bahan bakar pertalite unggul dalam hal torsi dan daya mesin, sedangkan bahan bakar elpiji lebih baik dalam hal emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar.


 


Kata kunci: sepeda motor 4 tak 100cc, pertalite, elpiji.


 


ABSTRACT


 


This study aims to measure the impact of LPG on the performance of a 100 cc 4-stroke motorcycle running on pertalite, including torque, engine power, exhaust emissions, and fuel consumption. This quantitative research uses the true experiment method with descriptive analysis to systematically present the test results. The study shows that the torque produced by LPG is 6.49 Nm at 5000 RPM, which is lower than the torque produced by pertalite, which is 7.27 Nm at the same RPM. The engine power generated by LPG is also lower at 5.06 Hp at 7000 RPM, while the engine power on pertalite is higher at 6.13 Hp at the same RPM. In terms of exhaust emissions, LPG is proven to be more environmentally friendly compared to pertalite. LPG exhaust emissions are lower in all components, such as CO, O2, CO2, HC, Lambda, and AFR. Furthermore, LPG is more efficient in fuel consumption, with efficiency reaching 27.99% to 49.98% better than pertalite. Overall, pertalite is superior in terms of torque and engine power, while LPG is better in terms of exhaust emissions and fuel consumption efficiency.


 


Keywords: 100cc 4-stroke motorcycle, pertalite, LPG


 

References

[1] S. Mahendra and D. Rohmantoro, “Pengaruh Performa Mesin Sepeda Motor Matik 4 TAK 110 CC Terhadap Penggunaan Piggiback Fuel Adjuster Iquteche,” J. Automot. Technol. Vocat. Educ., vol. 02, no. 2, pp. 1–9, 2021.
[2] S. Sarbaini and N. Nazaruddin, “Pengaruh Kenaikan BBM Terhadap Laju Inflasi di Indonesia,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 2, no. I, pp. 25–32, 2023, doi: 10.55826/tmit.v2ii.132.
[3] P. Kristiyanto, N. Ilminnafik, and M. E. Ramadhan, “Analisis Torsi Motor Bakar 4 Langkah Berbahan Bakar Lpg dengan Beda Sudut Pengapian,” J. Stator, vol. 1, no. 1, pp. 49–52, 2018.
[4] A. Kuncoro, Ma’muri, S. Wasis W, and S. Wisnugroho, “LPG Sebagai Energi Alternatif Untuk Bahan Bakar Dual-Fuel Mesin Diesel Kapal Nelayan Tradisional,” Semin. Nas. Sains Dan Teknol., no. November, pp. 1–12, 2016, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/290153704.pdf
[5] N. Sinaga, “Perancangan Awal Converter Kit Lpg Sederhana Untuk Konversi MESIN SKALA KECIL,” J. Tek. Energi, vol. 13, no. December, pp. 1–9, 2018.
[6] M. Setiyo and Suyitno, Teknologi Kendaraan Berbahan Bakar LPG, no. May. 2018.
[7] N. Romandoni and I. H. Siregar, “Studi Komparasi Performa Mesin Dan Kadar Emisi Gas Buang Sepeda Motor Empat Langkah Berbahan Bakar Bensin Dan Lpg,” J. Tek. Mesin, vol. 1, no. 2, pp. 1–9, 2013, [Online]. Available: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jtm-unesa/article/view/603
[8] A. Anwar et al., STATISTIKA DASAR Teori dan Konsep Dasar Statistika, Pertama. Jambi: PT Sonpebia Publishing Indonesia, 2023. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=ZTLLEAAAQBAJ&pg=PA46&dq=Statistika+Dasar+(Teori+dan+Konsep+Dasar+Statistika)&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&sa=X&ved=2ahUKEwiy4ai2pPmHAxX7RWwGHW6xEHIQ6AF6BAgHEAI#v=onepage&q=Statistika Dasar (Teori dan Konsep Dasar Stati
[9] W. Kusuma, “Terhadap Unjuk Kerja Daya , Torsi Dan Konsumsi Bahan,” J. METTEK Vol. 2 No 1 pp 51 – 58 ojs.unud.ac.id/index.php/mettek ISSN, no. January 2016, 2016.
[10] D. Purnama, A. Arif, E. Alwi, and T. Sugiarto, “Analisis Penggunaan Bahan Bakar Campuran Pertalite dengan Bioetanol dari Tebu Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang pada Sepeda Motor Injeksi,” MSI Trans. Educ., vol. 4, no. 3, pp. 123–134, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.46574/mted.v4i3.117
[11] H. Purnadi, “Pengaruh Bahan Bakar Gas Lpg Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor Karburator,” J. Tek. Mesin S-1, vol. 2, no. 4, pp. 398–404, 2014.
[12] D. Aditya Permana and R. Hanifi, “Pengujian konsumsi bahan bakar gas LPG dan pertalite pada sepeda motor bi-fuel kapasitas 135 cc,” J. Tek. Mesin Indones., vol. 16, no. 2, pp. 109–113, 2021.
[13] F. Majedi and I. Puspitasari, “Optimasi Daya dan Torsi pada Motor 4 Tak dengan Modifikasi Crankshaft dan Porting pada Cylinder Head,” JTT (Jurnal Teknol. Terpadu), vol. 5, no. 1, p. 82, 2017, doi: 10.32487/jtt.v5i1.216.
[14] S. Mulyono, G. Gunawan, and B. Maryanti, “Pengaruh Penggunaan dan Perhitungan Efisiensi Bahan Bakar Premium dan Pertamax Terhadap Unjuk Kerja Motor Bakar Bensin,” JTT (Jurnal Teknol. Terpadu), vol. 2, no. 1, pp. 28–35, 2014, doi: 10.32487/jtt.v2i1.38.
[15] F. Fatra, S. Mahendra, and I. Setiawan, “Analisis re-mapping ECU terhadap performa mesin sepeda motor injeksi 4 tak 150cc The effect of standard ECU re-mapping variations using pertamax fuel on the performance of a 150cc 4 stroke injection motorcycle,” J. Taman Vokasi, vol. 11, no. 1, pp. 41–49, 2020, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.30738/jtv.v11i1.14499
Published
2024-10-28
How to Cite
HARTONO, Sri; MAHENDRA, Sena; FATRA, Fahmy. PENGARUH PENGGUNAAN GAS ELPIJI TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR 4 TAK 100 CC. Prosiding Seminar Nasional & Internasional EDUSTEM, [S.l.], p. 17-27, oct. 2024. ISSN 3032-3010. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/EDUSTEM/article/view/3498>. Date accessed: 16 feb. 2025.