PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI PEMELIHARAAN SISTEM AIR CONDITIONER (AC) TERSTANDAR SKKNI DI SMK NU LASEM KABUPATEN REMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan prestasi belajar siswa pada kompetensi pemeliharaan sistem air conditioner (AC) terstandar SKKNI di SMK NU Lasem. Adapun hal yang diteliti adalah pengaruh minat belajar dan prestasi belajar terhadap kompetensi pemeliharaan sistem AC terstandar SKKNI. Objek penelitian ini adalah pengaruh minat belajar dan prestasi belajar terhadap kompetensi pemeliharaan sistem AC terstandar SKKNI. Data dalam penelitian ini berupa angket minat belajar siswa, nilai ulangan, dan praktik siswa. Adapun jenis data yang dihasilkan adalah data kuantitatif dan disajikan dalam bentuk analisis kuantitatif. Hasil uji koefisien determinasi antara minat belajar dan prestasi belajar siswa dengan kompetensi pemeliharaan sistem AC terstandar SKKNI didapatkan nilai R square sebesar 0.100. Hal tersebut mengindikasikan besarnya minat belajar dan prestasi belajar terhadap Kompetensi Pemeliharaan Sistem Air Conditioner (AC) terstandar SKKNI (Y) sebesar 10,0%. Nilai ini menunjukkan adanya hubungan positif antarvariabel. Korelasi antara minat belajar dengan kompetensi pemeliharaan sistem AC sebesar 0.037 dan korelasi antara prestasi belajar dengan kompetensi pemeliharaan sistem AC sebesar 0.000. Artinya X1 terhadap Y < 0.05> X2 terhadap Y, sehingga dapat disimpulkan bahwa antarvariabel berkorelasi dengan baik. Sedangkan uji hipoteses menunjukkan nilai Fhitung > nilai Ftabel (7.482 > 3.06) yang menyatakan hipotesis utama diterima.
Kata kunci: Air Conditioner, Kompetensi, Minat Belajar, Prestasi Belajar, SKKNI
References
[2] Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
[3] Ariwibowo, Bayu, dkk. (2020). Soft Skills Analysis of Educational Student in Vocational Study Program of Mechanical Engineering Ivet University. Journal of Vocational Career Education. 5. (1). journal.unnes.ac.id
[4] Dwianti, Viggita dan S. Arikunto. (2020). Hubungan Antara Minat Belajar dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kutasari Di Purbalingga. Universitas Ahmad Dahlan. webmail.uad.ac.id.
[5] Fatkhurrohman, Fuad Abdillah, dan Fahmy Fatra. (2021). Pengaruh Peran Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Peningkatan Kompetensi Sitem AC XI TKRO SMK Muhammadiyah Bawang. Journal of Vocational Education and Automotive Technology. 3(2). https://e-journal.ivet.ac.id/.
[6] Gozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
[7] Habib, Dhefrizal Misbakhul, Fuad Abdillah, M. Habiburrohman. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pemeliharaan Komponen Kelistrikan Bodi Berstandar SKKNI Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal EDUSTEMS. 1 (1). Universitas IKIP Veteran Semarang.
[8] Iqbal, Gunawan. (2021). Studi Relevansi Implementasi Kurikulum dengan SKKNI Di SMK N Provinsi Aceh. Jurnal UIN AR-Raniary. repository.ar-raniry.ac.id.
[9] Ismail, dkk. (2023). Hubungan Minat Mekanik Otomotif dengan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 Lintau Bou. Jurnal Tekologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia. 01(01). https://jtpvi.ppj.unp.ac.id./
[10] Merentek, Julistio, dkk. (2022). Hubungan Minat Belajar Siswa dengan Hasil Mata Pelajaran Teknik Dasar Otomotif Di SMK Negeri 1 Motoling Timur. Jurnal Gerbox Pendidikan Teknik Mesin. Universitas Negeri Manado. 3(1). ejurnal-mapalus-unima.ac.id.
[11] Miftakhudin, Muhammad, dkk. (2020). Determining Standart Time of Practicums in Maintenance Domestic Air Conditioning System for Vocational Schools Student. Jurnal of Mechanical Engineering Education. 7. (1). https://ejournal.upi.edu.
[12] Mulyana, Muhammad I, dkk. (2019). Pengembangan Jobsheet Mata Pelajaran Sistem Instalasi Tata Udara. Journal of Mechanical Engeneering Education. Universitas Pendidikan Indonesia. 6(2)
[13] Purwito, Arif Wahyu. (2022). Sertifikasi Kompetensi dalam Meningkatkan Kompetensi SMK. Artikel. www.jatimsatunews.com. Diakses pada 20 Oktober 2023.
[14] Sobirin, Ruhiyat. (2020). Pendidikan Teknik Berbasis SKKNI pada Mata Kuliah Kewirausahaan di Teknik Elektro. Jurnal Penelitian Fakultas Teknik UNINUS. http://ojs.uninus.ac.id/index.php/teknologinusantara.
[15] Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
[16] Susanto, Arif, dkk. (2023.) Analisis Minat dan Hasil Belajar Siswa SMK dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire. Jurnal Pendidikan. 11(02). https://unimuda.e-journal.id/.