PENINGKATAN HASIL BELAJAR ELEKTRONIC FUEL INJECTION MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA UNIT SEPEDA MOTOR SUPRA X 125 PADA SISWA KELAS XI TBSM 1 SMK PGRI BATANG

  • Abdul Sahur Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Toni Setiawan Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Fahmy Fatra Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, mengetahui kinerja guru dalam penggunaan model pembelajaran PBL, serta mengetahui keefektifan model model pembelajaran PBL dengan menggunakan media unit sepeda motor Supra X 125 dalam meningkatkan hasil belajar elektronic fuel injection pada siswa kelas XI TBSM  SMK PGRI Batang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Hasil penelitian antara lain: 1) Siswa yang mencapai kategori Kompeten (K) pada Pra Siklus ialah sebesar 23% atau sejumlah 7 dari 30 siswa, pada Siklus I ialah sebesar 60% atau sejumlah 18 dari 30 siswa, pada Siklus II ialah sebesar 87% atau sejumlah 26 dari 30 siswa. Indikator keberhasilannya pada PTK ini adalah ? 85% siswa dalam satu kelas yang dinyatakan tuntas atau mencapai kategori Kompeten (K), maka 87% > 85%, sehingga dapat disimpulkan bahwa PTK ini berhasil pada Siklus II; 2) Skor kinerja Guru pada Pra Siklus ialah sebesar 60% atau sejumlah 58 poin dari 96 total poin, pada Siklus I ialah sebesar 75% atau sejumlah 72 poin dari 96 total poin, pada Siklus II ialah sebesar 89% atau sejumlah 85 poin dari 96 total poin. Indikator keberhasilannya pada PTK ini adalah perolehan penilaian kinerja Guru sebesar ? 80%, maka 89% > 80%, sehingga dapat disimpulkan bahwa PTK ini berhasil pada Siklus II; 3) Efektivitas PTK dari Pra Siklus menuju Siklus I ialah sebesar 37%, efektivitas dari Siklus I menuju Siklus II ialah sebesar 27%, dan efektivitas dari Pra Siklus menuju Siklus II (akhir tindakan) ialah sebesar 64%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa efektivitas dalam PTK ini ialah sebesar 64%.


Kata Kunci: Hasil Belajar, Elektronic Fuel Injection, PBL, Media Sepeda Motor

References

[1] Ana, Sunarsih, dan Neni Rohaeni, “Pengembangan Tugas Akhir melalui Project Based Learning Model untuk Meningkatkan Generic Green Skills Siswa”, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Yogyakarta, UNY, 2016.
[2] Devi Widyasari1, Noor Miyono, dan Susilo Adi Saputro, “PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING”, Jurnal Inovasi, Evaluasi, dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), vol. 4, no. 1, 2024.
[3] Eko Mulyadi, “Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK”, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Yogyakarta, UNY, 2015.
[4] Hongko Pulung Seto dan M. Burhan Rubai Wijaya, “PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN SISTEM EFI (ELECTRONIC FUEL INJECTION) MENGGUNAKAN MEDIA ELEKTRONIK BERBASIS ANDROID”, Jurnal Pendidikan Teknik Mesin pada vol.16, no. 2, 2016.
[5] Martinis Yamin, Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Referensi, 2013.
[6] Milana, Nuzul Hidayat, Toto Sugiarto, Wagino, dan Wawan Purwanto, “Pelatihan Penggunaan Smart Simulator Elecronic Fuel Injection (EFI) Pada Motor Dalam Meningkatkan Aktifitas Pembelajaran Di SMKN 1 Kotobaru Kab. Darmasraya”, J-CoSE: Journal of Community Service & Empowerment, vol. 1, no. 2, 2023.
[7] Muhammad Fathurrohman, Model-model Pembelajaran Inovatif, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015.
[8] Muhammad Nurtanto, “PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK MELALUI PEMBELAJARAN TERBIMBING”, VANOS Journal of Mechanical Engineering Education, vol. 1, no. 2, 2016.
[9] Muhammad Nurtanto, PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK MELALUI PEMBELAJARAN TERBIMBING, 2016.
[10] Mulyasa, Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: PT Remaja Rusdakarya Offset, 2014.
[11] Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
[12] Satoto Endar Nayono, dan Nuryadin ER, “Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Kuliah Computer Aided Design”, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Yogyakarta, UNY, 2013.
[13] Sri Ambar Wati, “PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GAMPEL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJARPESERTA DIDIK”, Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, vol. 23, no. 1, 2023.
[14] Suci Aldila dan Riki Mukhaiyar, “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNINGPADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI KELAS X SMK NEGERI 1 BUKITTINNGGI”, Ranah Research: Journal of Multidicsiplinary Research and Developmen, vol. 2, Issue 2, 2020.
[15] Sugeng Susanto, Wagino, Donny Fernandez, Hendra Dani Saputra, Alfian Asra , “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN MESIN SEPEDA MOTOR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNINGPADA SISWA KELAS XI TBSM SMKN 3 SOLOK SELATAN”, JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, vol. 1, no. 3 , 2023.
[16] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: ALFABETA, 2013.
[17] Warsono dan Hariyanto, Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
[18] Wijaya Kusumah& Dedi Dwitagama, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Indeks, 2010.
[19] Zainul Abidin, Hari Karyono, dan Endang Mastuti Rahayu, “Pengaruh Model Project Based Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Produktif di SMK”, JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), vol. 6, no. 1, 2021.
Published
2024-10-28
How to Cite
SAHUR, Abdul; SETIAWAN, Toni; FATRA, Fahmy. PENINGKATAN HASIL BELAJAR ELEKTRONIC FUEL INJECTION MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA UNIT SEPEDA MOTOR SUPRA X 125 PADA SISWA KELAS XI TBSM 1 SMK PGRI BATANG. Prosiding Seminar Nasional & Internasional EDUSTEM, [S.l.], p. 28-38, oct. 2024. ISSN 3032-3010. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/EDUSTEM/article/view/3511>. Date accessed: 16 feb. 2025.