PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGUKUR STAND DENGAN JANGKA SORONG MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING

increasing learning outcomes in measuring stands with vernier calipers through a problem based learning approach

  • Kurniyanto Kurniyanto Pendidikan Vokasional Teknik Mesin , Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet, Semarang, Indonesia
  • Joko Suwignyo Pendidikan Vokasi dan Teknik Mesin , Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet, Semarang, Indonesia
  • Fahmi Fatra Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet, Semarang, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas Model PBL dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam menggunakan alat ukur mekanik. Melalui penerapan PBL, siswa diharapkan tidak hanya memahami teori tetapi juga dapat menghadapi dan menyelesaikan masalah nyata yang terkait dengan penggunaan alat ukur. Model penelitian yang digunakan melibatkan pengumpulan data melalui observasi, tes keterampilan, dan refleksi pada setiap siklus implementasi PBL.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model PBL secara signifikan meningkatkan keterampilan siswa, dengan persentase ketuntasan yang meningkat dari 25,64% pada kondisi awal menjadi 79,49% pada Siklus II. PBL juga berhasil meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa, serta memungkinkan identifikasi dan perbaikan kesulitan belajar yang dihadapi siswa. Evaluasi dan refleksi setiap siklus membantu dalam mengatasi tantangan dan meningkatkan kualitas pembelajaran.

References

Ana, Sunarsih, & Rohaeni, N. (2013). Pengembangan Tugas Akhir Melalui Project Based Learning Model Untuk Meningkatkan Generic Green Skills Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21.
Apriana, R., Sugiatno, & Hamdani. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berstruktur Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariyanto, S. R., Arsana, I. M., & Ulum, R. (2019). Pengembangan Modul Radiator Trainer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin UNESA. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, Vol 4, No 2. 83–92. https://doi.org/10.21831/dinamika.v4i2.27387
Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.91
Chotimah, S. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP di Kota Bandung dengan Pendekatan Realistic Mathematics Educations pada Siswa SMPi Kota Bandung. Jurnal Didaktik.
Danandjaja, J. (2014). Model Penelitian Kepustakaan. Antropologi Indonesia
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media
Doppelt, Y. (2003). Implementation and Assessment of Project-Based Learning in a Flexible Environment. International Journal of Technology and Design Education, 13(3), 255–272. https://doi.org/10.1023/A:1026125427344
Fahrurrozi, & Zoatul Wardi. (2020). Kepercayaan Diri dan Komunikasi Matematis Melalui Project- Based Learning. Inomatika, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i1.174
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338
Fiktoyana, I. N. H., Arsa, I. P. S., & Adiarta, A. (2018). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar dan Pengukuran Listrik Siswa Kelas X-TIPTL 3, SMKN 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7. https://doi.org/doi.org/10.23887/jjpte.v7i3.20858
Hidayat, A. A., & Arsana, I. M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Kompetensi Pemeliharaan Alat Ukur Pada Siswa Kelas X TKR 1 di SMK Negeri 3 Surabaya. JPTM: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, Volume 06 Nomor 01, 68-76.
Jalmo, T., Fitriyani, D., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik, 7(3).
Khoiriah, H. N. L., & Arsana, I. M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TPM Pada Kompetensi Besaran & Satuan di SMK Dharma Bahari Surabaya. JPTM. Volume 10 Nomor 01, 62-71.
Kumalaretna, W. N. D., & Mulyono. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Karakter Kolaborasi dalam Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl). Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6 (2), 195–205.
Masruroh, L., & Arif, S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Melalui Pendekatan Science Education for Sustainability dalam Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 179–188. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.171
Meilinawati. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kolaborasi Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten. Skripsi.
Mulyadi, E. (2016). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(4), 385. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7836
Setyowati, N., & Mawardi, M. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 253–263. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263
Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.11275
Subagyo, C. A., & Arsana, I. M. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. JPTM: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, Volume 10 Nomor 02, 82-90.
Published
2024-12-31
How to Cite
KURNIYANTO, Kurniyanto; SUWIGNYO, Joko; FATRA, Fahmi. PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGUKUR STAND DENGAN JANGKA SORONG MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING. Prosiding Seminar Nasional & Internasional EDUSTEM, [S.l.], p. 188-196, dec. 2024. ISSN 3032-3010. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/EDUSTEM/article/view/3514>. Date accessed: 16 feb. 2025.