PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF TIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII TENTANG SISTEM KOMPUTER DI SMP N 2 PATI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menyusun modul yang efektif dan efisien (2) mengetahui kelayakan atau tidak dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Objek penelitian adalah siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Keefektifan pembuatan modul juga berdasarkan hasil yang didapatkan berdasarkan angket respon guru 88% dari keseluruhan aspek penilaian dengan kategori ”sangat baik”. Menunjukkan bahwa guru setuju jika pembelajaran menggunakan modul yang telah dikembangkan. Dan angket respon siswa keseluruhan skor rata-rata 77,68 % kategori “baik”. Menunjukkan bahwa siswa sangat setuju belajar dan meningkatkan pemahaman dalam modul yang telah dikembangkan. (2) Kelayakan produk berupa modul interaktif yang dikembangkan dinyatakan “layak” digunakan, dinyatakan dalam validator ahli media dengan hasil 81,6%, validator ahli materi dengan hasil 88% dan keseluruhan respon siswa dengan hasil 77,68%.
References
[2] Hera, R., Khairil, K., & Hasanuddin, H. (2015). Pengembangan Handout Pembelajaran Embriologi Berbasis Kontekstual Pada Perkuliahan Perkembangan Hewan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal EduBio Tropika,2(2).
[3] Karim, S. A., Parenreng, J. M., & Hafizh, A. (2022). 32192-78106-1-Sm. Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Jaringan Komputer Di Prodi PTIK UNM, 1(1), 75–78.
[4] Masalah, L. B., & Fitri, M. (2009). BAB I. 1–7.
[5] Nita Sunarya Herawati, & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424
[6] PROFIL SMP NEGERI 2 PATI. Blogspot.com. http://myhomepageamanda.blogspot.com/2014/11/profil-smp-negeri-2 pati.html
[7] Sudrajat, A. (2014). Pengertian, Fungsi, dan Jenis Media Pembelajaran. Diambil dari https://akhmadsudrajat. Wordpress. com/2008/01/12/konsep-mediapembelajaran/pada, 21.
[8] Sujanem, R. (2012). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Interaktif Berbasis Web untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA di Singaraja. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 1(2), 103. https://doi.org/10.23887/janapati.v1i2.9825
[9] Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
[10] Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
[11] Yulia, Y. (2019). Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Strategi Asosiatif. Repositori STEI, 2007, 45–61.