PENGARUH VARIASI HARDENER DAN WAKTU PENGERINGAN CAMPURAN CLEAR COAT TERHADAP HASIL PENGECATAN ULANG PADA REAR GRIP SEPEDA MOTOR

  • Novi Nur Laeli Qodriyah Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet.
  • Joko Suwignyo Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Fahmy Zuhda Bahtiar Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas hasiil pengecatan yang dihasilkan dari variasi hardener dan variasi waktu pengeringan dengan menggunakan oven pada campuran clear coat dan juga untuk mengetahui ketahanan lapisan cat terhadap kondisi cuaca eksternal. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan teknik analisis data deskriptif untuk mengungkapkan informasi tentang variasi hardener dan waktu pengeringan campuran clear coat terhadap hasil pengecatan ulang pada rear grip sepeda motor. Hasil penelitian : Volume hardener pada campuran clear coat dapat mempengaruhi kualitas hasil pengecatan. Semakin banyak kadar hardener maka semakin baik daya lekat yang dihasilkan dan semakin meningkat daya kilap permukaan lapisan cat yang di hasilkan. Variasi waktu pengeringan 30 menit menghasilkan daya lekat lebih baik. Tingkat daya kilap hasil pengecatan ulang dengan variasi waktu pengeringan 30 menit lebih tinggi. Perubahan cuaca dan kualitas hasil pengecatan pada variasi hardener dan waktu pengeringan pada campuran clear coat dapat mempengaruhi kerusakan cat. Perubahan suhu dengan suhu paling tinggi 60,8ºC dan suhu paling rendah 23,1ºC dan suhu 30 hari mengalami kerusakan yaitu warna yang berubah atau pudar.


Kata Kunci:


 Daya lekat, kekerasan, daya kilap, ketahanan cat terhadap bahan bakar.

References

[1] Argana, S. (2013). PENGECETAN BODY KENDARAAN x1.1. Pengecatan Body Kendaraan, 200(Pengecatan), 1–190.
[2] ASTM D 3363. (2018). Standard Test Method for Film Hardness by Pencil Test. Designation: E 778 – 87 (Reapproved 2004), i(Reapproved), 3–5. https://doi.org/10.1520/D3363-22.2
[3] Bahtiar, F. Z., Fatra, F., Sugiantoro, H., & Arwanto, R. D. (2023). Dampak Kadar Hardener Dan Jenis Thinner (Nc) Terhadap Hasil Lapisan Pengecatan Pada Cat Nitrocellulose (Nc). AEEJ?: Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, 4(1), 49–60. https://doi.org/10.24036/aeej.v4i1.202
[4] Choi, M.-K. (2018). Pengaruh Nilai Campuran Resin Dan Cat Terhadap Temperatur Cuaca Panas Dan Dingin Pada Media Aluminium Paulus. 30, 321.
[5] Coatings, C., Products, R. C., Applica-, E., Tape, S., Paint, T., & Materials, R. (2012). Standard Test Methods for Measuring Adhesion by Tape Test 1. 1–8. https://doi.org/10.1520/D3359-09E02.2
[6] Gunadi. (2016). Teknik Bodi Otomotif jilid 3 SMK.
[7] La Hamdan1, Noce. N. Tetelepta2*, E. E. (2023). Journal Mechanical Engineering (JME). Journal Mechanical Engineering (JME)., 1(3), 201–208.
[8] Method, S. T. (2000). iTeh Standards iTeh Standards Document Preview. 08(Reapproved 1989), 3–4. https://doi.org/10.1520/C1709-18.
[9] Susilo, A. D., & Suwahyo. (2021). Pengaruh Rasio Campuran Varnish Dengan Thinner Terhadap Kualitas Daya Kilap Pengecatan Menggunakan Ruang Pengering (Oven). Automotive Science and Education Journal, 10(1), 6–10. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/asej
[10] Utama, F. Y. (2018). Teknologi Pengecatan Kendaraan Bermotor. September, 1–145.
Published
2024-10-28
How to Cite
QODRIYAH, Novi Nur Laeli; SUWIGNYO, Joko; BAHTIAR, Fahmy Zuhda. PENGARUH VARIASI HARDENER DAN WAKTU PENGERINGAN CAMPURAN CLEAR COAT TERHADAP HASIL PENGECATAN ULANG PADA REAR GRIP SEPEDA MOTOR. Prosiding Seminar Nasional & Internasional EDUSTEM, [S.l.], p. 53-62, oct. 2024. ISSN 3032-3010. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/EDUSTEM/article/view/3517>. Date accessed: 16 feb. 2025.