ANALISIS PENGARUH VARIASI BERAT ROLLER DAN V-BELT AFTERMARKET TERHADAP PERFORMA DAN TOP SPEED SEPEDA MOTOR MATIC 4 TAK 110 CC
Abstract
Produk matic semakin banyak komponen-komponennya di pasaran juga semakin berkembang, sehingga perlu dilakukan pengujian. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan studi eksperimen pengaruh Roller dan V-belt terhadap torsi dan daya serta Top Speed pada sepeda motor matic Honda Scoopy 110cc. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan statistik deskriptif. Obyek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sepeda motor 4 langkah Scoopy eSP 2017 110cc dengan perbedaan produk Roller dan V-belt merek standar, BRT, dan TDR. Berat dari ketiga ukuran massa dibuat sama standar 13 gram setiap merek produknya. Tempat penelitian dilakukan di Bengkel Otomotif PVTM Ivet Semarang. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif yaitu mendiskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Data-data yang dihasilkan yaitu meliputi besarnya daya, torsi, dan Top Speed. Hasil pengujian penelitian menunjukkan torsi maksimum yang dihasilkan menggunakan Roller dan V-belt standar berada pada 3000 rpm mencapai 10,10 Nm, sedangkan menggunakan produk Roller dan V-belt BRT mencapai torsi maksimum pada 3000 rpm dengan nilai 14,43 Nm. Ketika menggunakan Roller dan V-belt TDR mencapai mencapai torsi maksimum pada 3000 rpm dengan nilai 13,07 Nm. Daya yang ada pada Roller dan V-belt standar lebih unggul khususnya pada 5500 rpm dengan nilai 7,74 HP. Sedangkan Roller dan V-belt BRT mencapai ketinggian maksimum pada putaran mesin 5000 rpm dengan nilai 7,71 HP dan disusul oleh menggunakan produk Roller dan V-belt TDR dengan 4500 rpm mencapai 7,30 HP. Top Speed yang dihasilkan oleh Roller dan V-belt BRT paling unggul dibandingkan standar dan TDR dengan nilai 82 Kph.
References
[2] Akhmadi, A. N., Usman, M. K., & Qurohman, M. T. (2021). Pengaruh Perbandingan Secondary Sheave Spring Standard Dan Racing Terhadap Top Speed. Rekayasa Material, Manufaktur Dan Energi, 4(2), 132–138. https://doi.org/10.30596/rmme.v4i2.8074 Diunduh pada tanggal 20 Maret 2024.
[3] Apriana, N. (2016). Sistem Transmisi Otomatis CVT Sepeda Motor Sekolah Tinggi Teknik Wiworotomo Purwokerto. Sekolah Tinggi Teknik Wiworotomo Purwokerto.
[4] Babu, T. J. M, K. G. Hussain dan S. A. Hussain. 2016. Design and Fabrication of Continuously Variable Transmission System. International Research Journal of Engineering and Technology 3(7): 2022-2031.
[5] Budiana, M. D., Atmika, I. K. A., & Subagia, IDG. A. (2012). Variasi berat Roller sentrifugal Pada continuosly variable transmission (CTV) terhadap kinerja traksi sepeda motor. Jurnal Energi Dan Manufaktur, 3(2). Diunduh pada tanggal 25 Maret 2024.
[6] Fatun. (2020). Sri Otomotif SMK: Teknologi Dasar Otomotif untuk SMK/MAK Kelas X. Bali: Nilacaka. ISBN: 978-623-7352-51-8. 278 halaman.
[7] Fitroh, A. Mafruchul. 2019. Pengaruh Variasi Berat Roller Terhadap Performa pada Yamaha Nouvo 113 cc. Skripsi. Semarang: Fakultas Teknik. Universitas Negeri Semarang (UNNES)
[8] Gafar, S., Gunawan, I., & Usman, I. (2021). Pengaruh Penggunaan CDI Standar dan CDI Racing Tipe Juken 5 dengan Menggunakan Bahan Bakar Pertalite Terhadap Unjuk Kerja Motor Bakar Yamaha Mio M3 125 cc. Jurnal Teknik Mesin Unkhair, 6(April), 16–22. Diunduh pada tanggal 8 April 2024.
[9] Ghafur, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Roller CVT Racing dengan Pegas CVT Racing Terhadap Daya dan Torsi Honda Beat 110cc Menggunakan Bahan Bakar Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo. In Journal Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Semarang: Unnes.
[10] Hardiyato, D. M. (2022). Studi Eksperimen Pengaruh Cdi Standar dan Cdi Limit Adjustable Handmade Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor Rx King 135 cc. Skripsi. Ivet Semarang.
[11] Icwanudin, Suwignyo, J., & Fatra, F. (2017). Studi Eksperimen Pengaruh Celah Busi dan Jenis Busi Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor 4-tak 150 CC. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, 4(1), 1–6. Diunduh pada tanggal 8 April 2024.
[12] Bensin. Jurnal Teknologi Terpadu, 2(1), 28–35. https://doi.org/10.32487/jtt.v2i1.38 Diunduh pada tanggal 20 Maret 2024.
[13] Prasojo, A. B. dan Kaelani, Y. (2016). Analisa Beban Kerja dan Gaya Dinamis pada Round Roller dan Sliding Roller untuk Sistem CVT (Continuously Variable Transmission) Sepeda Motor Matic. Jurnal Teknik ITS 5(2): 695-702.
[14] Prayogi. (2021). Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan SMK/MAK Kelas XI (Tim Grasindo, Ed.; 2nd ed.). Jakarta: Gramedia Widiasarana indonesia.
[15] Rajab, D. A., Anwar, C., Aldi, R., & Lukman, H. (2022). Analysis of the Tilt Angle of the Pulley Driver on Traction and Acceleration Performance. ICoGEMT + TECH, 1, 1–8.
[16] Sefnanda, D. (2017). Strategi Komunikasi Persuasif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Pada SMK Negeri 2 Pekanbaru). Universitas Islam Riau.