PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 3D BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN IPA

  • Guntur Wikan Prakosa Pendidikan Informatika , Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet, Semarang, Indonesia
  • R. Irlanto Sudomo Pendidikan Informatika , Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet, Semarang, Indonesia
  • Handini Arga Damar Rani Pendidikan Informatika , Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet, Semarang, Indonesia

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) yang merupakan sebuah penelitian berorientasi produk. Dalam penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development life Cycle, dimana metode ini mempunyai 6 tahapan, yaitu concept, design, material, collecting, assembly, testing dan distribution. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality dilakukan melalui 6 tahap yaitu konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan media, uji coba dan distribusi. 2) Hasil uji kelayakan media pembelajaran berdasarkan ahli media mendapatkan skor 70 masuk ke dalam kategori “Sangat Layak” dan presentase kualitas media 87,5%. Berdasarkan ahli materi mendapatkan skor 55 masuk ke dalam kategori “Sangat Layak” dan presentase kualitas materi 98%. Dari hasil analisis data responden media pembelajaran ini masuk kedalam kategori “Sangat Layak” dengan perolehan rata-rata jumlah skor 69,85 dan presentase kualitas media pembelajaran 87%. Sehingga media pembelajaran ini layak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran kelas 6 SDN 02 Sukorejo.


Kata Kunci: Media Pembelajaran; Augmented Reality; Tata Surya.

References

] M. S. Sutiari, N.K.;Putra, I.K.G.D. 2018?; Raharja, “Aplikasi Pengenalan Rumah Adat
Indonesia Berbasis Augmented Reality,” J. Mhs. Tek. Inform, (pp. 108–118).
[2] Eka Purnama Sari. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Media Augmented Reality (AR) Materi Sistem Tata Surya dalam Pembelajaran IPA Kelas VI MI AL- Mursyidiyyah. Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 9-Oct-2020.
[3] Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).
Bandung:Alfabeta.
[4] Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science Integration, 2(2), 191-202
[5] Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. [6] Arikunto, & Suharsini. (2006). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. [7] Sutopo, A. H. 2003. Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[8] Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).
Bandung:Alfabeta.
Published
2025-01-19
How to Cite
PRAKOSA, Guntur Wikan; SUDOMO, R. Irlanto; RANI, Handini Arga Damar. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 3D BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN IPA. Prosiding Seminar Nasional & Internasional EDUSTEM, [S.l.], p. 175-187, jan. 2025. ISSN 3032-3010. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/EDUSTEM/article/view/3526>. Date accessed: 16 feb. 2025.