PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGGUNAAN OUTSIDE MICROMETER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED INQUIRY BERBANTUAN APLIKASI MICROMETER SIMULATOR PADA SISWA KELAS X TSM 1 SMK KOSGORO 1 SRAGEN

  • Tumin Tumin Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Nuraedy Aprianto Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Fahmy Zuhda Bahtiar Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

ABSTRAK


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis hasil belajar penggunaan outside micrometer dengan penerapan model pembelajaran Modified Inquiry berbantuan aplikasi Micrometer Simulator pada siswa kelas X TSM 1 SMK Kosgoro 1 Sragen. 2) Untuk menganalisis keefektifan Model pembelajaran Modified Inquiry berbantuan aplikasi Micrometer Simulator dalam meningkatkan hasil belajar penggunaan outside micrometer siswa kelas X TSM 1 SMK Kosgoro 1 Sragen. 3) Untuk menganalisis kinerja Guru dalam penerapan model pembelajaran Modified Inquiry berbantuan aplikasi Micrometer Simulator terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada penggunaan outside micrometer di kelas X TSM 1 SMK Kosgoro 1 Sragen. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan yang peneliti lakukan ini mengambil lokasi di SMK Kosgoro 1 Sragen, Jl. Raya timur KM.7 Kebonromo, Ngrampal, Sragen, Jawa Tengah 57252. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan ini direncanakan berlangsung selama 3 (tiga) bulan, yaitu bulan Mei s/d Juli 2024. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TSM 1 SMK Kosgoro 1 Sragen yang berjumlah 36 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan beberapa hal anatara lain: 1) Siswa yang mencapai kategori Kompeten (K) pada Siklus I ialah sebesar 47% atau sejumlah 17 dari 36 siswa, pada Siklus II ialah sebesar 86% atau sejumlah 31 dari 36 siswa. Indikator keberhasilannya pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah ? 85% siswa dalam satu kelas yang dinyatakan tuntas atau mencapai kategori Kompeten (K), maka 86% > 85%, sehingga dapat disimpulkan bahwa PTK ini berhasil pada Siklus II. 2) Efektivitas Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari Siklus I menuju Siklus II ialah sebesar 39%. 3) Kinerja Guru pada Siklus I ialah sebesar 71%, pada Siklus II ialah sebesar 88%. Indikator keberhasilannya pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah perolehan penilaian kinerja Guru sebesar ? 80%, maka 88% > 80%, sehingga dapat disimpulkan bahwa PTK ini berhasil pada Siklus II.

References

Achmad Kamaludin, Bayu Ariwibowo, dan Joko Suwignyo (2021) dengan judul “Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Kompetensi Alat Ukur Dasar di SMK Bhakti Praja Talang – Tegal” yang dipublikasikan di JOVEAT: Journal of Vocational Education and Automotive Technology pada Vol. 3. No. 2. Oktober 2021 dan dapat diakses melalui link https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1885/1342.
Adrian Syahrajad Hirar dan Laela Apri Liani (2023) dengan judul “Penerapan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas X di SMK Karya Guna 1 Bekasisi”.
Andry Kurnia dan Dodi Sofyan Arief (2015) dengan judul “Kalibrasi Mikrometer Sekrup Eksternal Dengan Mengacu Pada Standar Jis B 7502-1994 Di Laboratorium Pengukuran Teknik Mesin Universitas Riau” yang dipublikasikan di Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Teknik dan Sains pada Vol 2, No 2 (2015) dan dapat diakses melalui link https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFTEKNIK/article/view/7632.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Didik Rohmad, Fuad Abdillah, dan Sena Mahendra (2020) dengan judul “Peningkatan Kompetensi Penggunaan Alat Ukur Menggunakan Animasi Flash” yang dipublikasikan di JOVEAT: Journal of Vocational Education and Automotive Technology pada Vol 1 No 2 (2019) dan dapat diakses melalui link https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1043.
Eko Putro Widoyoko. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fitri Siti Sundari dan Elis Indrayani (2019). Penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.
Hamdani Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hamzah B. Uno. (1998). Model pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hasibuan dan Moedjiono. (2009). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
I Gede Sujana (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Metode InkuiriTerbimbing.
Ika Widya Elnada, Mastuang Mastuang, Abdul Salam M. (2016) dengan judul “Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dengan Model Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas X Pmia 3 di SMAN 3 Banjarmasin”.
Ika Widya Elnada, Mastuang Mastuang, Abdul Salam M. (2016). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dengan Model Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas X Pmia 3 di SMAN 3 Banjarmasin.
Kaswul Anwar Us dan Hendra Harmi. (2011). Perencanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: Alfabet.
Kemmis, S., and McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press Martinis Yamin. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.
Lalu Sunarya Amijaya, Agus Ramdani, I Wayan Merta (2019). Pengaruh Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Pada Pokok Bahasan Keanekaragaman Hayatidan Klasifikasi Makhluk Hidup di SMAN 1 Narmada Tahun Ajaran 2017/2018.
Luthfi Hauzan (2024) dengan judul “Model pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Smk Pada Penggunaan Alat Ukur Jangka Sorong”. https://repository.upi.edu/115137/.
Mohammad Saroni. (2011). Personal Branding Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Muhammad Dhaniel Habibi, Fuad Abdillah, dan Sena Mahendra. Peningkatan Hasil Belajar Pada Kompetensisistem Injeksi Sepedamotor Melalui Model pembelajaran Inkuiri. Journal of Vocational Education and Automotive Technology. Vol 1. No. 1. Tahun 2019.
Muhammad Jamil Bakar (2022) dengan judul “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembacaan Alat Ukur Vernier Caliper dan Micrometer Mata Pelajaran PDTO pada Kelas X Otomotif di SMKN 1 Kota Jantho”. AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Volume: 03, Number: 01, 2022. http://aeej.ppj.unp.ac.id/index.php/aeej/article/view/87.
Mulyasa. (2016). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya/
Rendika Maulidi Qadri, Aci Primartadi, Mike Elly Anitasari, Suyitno (2023) dengan judul “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Media Simulator (Micrometer) Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Alat Ukur Kelas X TKR A di SMK Pembaharuan Purworejo” yang dipublikasikan di Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo pada Vol.18/No.02/Juni2023 dan dapat diakses melalui link https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/autotech/article/view/4201/1985.
Susanto, Bayu Ariwibowo, dan Fahmy Zuhda Bahtiar (2023) dengan judul “Peningkatan Kompetensi penggunaan Jangka Sorong Dengan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Kelas X TKR I SMK Muhammadiyah 1 Randublatung” yang dipublikasikan di Prosiding Seminar Nasional & Internasional EDUSTEM, [S.l.], p. 213-221, dec. 2023 dan dapat diakses melalui link https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/EDUSTEM/article/view/2852.
Susanto, BayuAriwibowo, dan Fahmy Zuhda Bahtiar (2023) dengan judul “Peningkatan Kompetensipenggunaan Jangka Sorong Dengan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Kelas X TKR I SMK Muhammadiyah 1 Randublatung”. 1st Education Sains Technology Engineering Mathematic Seminar(EDUSTEMS) Unisvet. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/EDUSTEM/article/view/2852/2048.
Wijaya Kusumah& Dedi Dwitagama. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT. Indeks.
Published
2024-10-28
How to Cite
TUMIN, Tumin; APRIANTO, Nuraedy; BAHTIAR, Fahmy Zuhda. PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGGUNAAN OUTSIDE MICROMETER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED INQUIRY BERBANTUAN APLIKASI MICROMETER SIMULATOR PADA SISWA KELAS X TSM 1 SMK KOSGORO 1 SRAGEN. Prosiding Seminar Nasional & Internasional EDUSTEM, [S.l.], p. 46-52, oct. 2024. ISSN 3032-3010. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/EDUSTEM/article/view/3529>. Date accessed: 16 feb. 2025.