HUBUNGAN MOTIVASI PRESTASI DAN MINAT BELAJAR TERHDAP PENINGKATAN KOMPETENSI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM REM SESUAI KKNI DI SMK PGRI BRATI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) menganalisis Hubungan Motivasi Prestasi terhadap Tingkat Kompetensi Siswa. 2) menganalisis Hubungan Minat Belajar terhadap Tingkat Kompetensi Siswa. 3) menganalisis Hubungan Motivasi Prestasi dan Minat Belajar Secara Simultan terhadap Tingkat Kompetensi Siswa. Penelitian ini merpukan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi berjumlah 81 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis Purposive Sampling. Data diperoleh dengan dengan angket dan tes. Analisis data digunakan uji normalitas, uji t dan uji F.
Hasil penelitian adalah: 1) Motivasi Prestasi terbukti memiliki hubungan signifikan dengan Kompetensi siswa dengan nilai signifikasinya 0.040<0.005. 2) Minat Belajar terbukti memiliki hubungan signifikan dengan Kompetensi siswa dengan nilai signifikasinya 0.034<0.005. 3) Nilai dari F hitung sebesar 13.326 < 3.42 dengan nilai signifikansinya 0.003<0.05 Oleh karena itu, motivasi prestasi dan minat belajar memiliki hubungan yang simultan dengan kompetensi siswa. Diharapkan dengan adanya penelitian ini, guru dapat menerapkan pemberian motivasi prestasi dan minat belajar sebagai salah satu upaya terhadap peningkatan kompetensi siswa dan bagi peneliti selanjutnya dapat dijadikan sebagai bahan referensi sesuai kebutuhan.
References
[2] Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian. PT Rineka Cipta.
[3] Arizona, R., Kurniadi, S., & Rahman, J. (2023). Edukasi Kepada Siswa dan Siswi SMKN 1 Mandau Kota Duri Tentang Motivasi Semangat Belajar dan Kepemimpinan Pasca Pandemi Covid-19. JMH: Jurnal Mengabdi Dari Hati Volume 2 Nomor 1 (Februari) 2023, Hal. 39-46, 2(1), 39–46
[4] Budihardjo, W. W. P. &. (2014). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Teknik Pemesinan Di Smk Antartika 1 Sidoarjo. JPTM, Volume 3 Nomor 1 Tahun 2014, 114 – 120 Hubungan, 3, 114–120.
[5] Asih, S. (2011). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. 7–37
[6] Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian. PT Rineka Cipta
[7] Arizona, R., Kurniadi, S., & Rahman, J. (2023). Edukasi Kepada Siswa dan Siswi SMKN 1 Mandau Kota Duri Tentang Motivasi Semangat Belajar dan Kepemimpinan Pasca Pandemi Covid-19. JMH: Jurnal Mengabdi Dari Hati Volume 2 Nomor 1 (Februari) 2023, Hal. 39-46, 2(1), 39–46.
[8] Bahri Pratama, A., & Fernandez, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Kampas Rem Beralur Terhadap Jarak Pengereman Dan Temperatur Rem Tromol Pada Sepeda Motor Honda Fit S Influence Using Groove Brake Pad About Stopping Distance and Brake Drum Temperature At Fit S Motorcycle Vanos Journal of Mechanical En. Donny Fernandez 189 | VANOS Journal Of Mechanical Engineering Education, 1(2), 189–200.
[9] Budihardjo, W. W. P. &. (2014). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Teknik Pemesinan Di Smk Antartika 1 Sidoarjo. JPTM, Volume 3 Nomor 1 Tahun 2014, 114 – 120 Hubungan, 3, 114–120.
[10] Farisi, A., Herlambang, A. D., & Zulvarina, P. (2023). Hubungan Minat Belajar dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Perencanaan Karier Siswa Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer Vol. 7, No. 4, April 2023, Hlm. 1872-1882, 7(4), 1872–1882.
[11] Firly Arif Winanda, N. H. (2019). Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Pdtm ( Pekerjaan Dasar Teknik Mesin ) Di Smk Negeri 1 Lintau Buo. Ranah Research?: Journal of Multidicsiplinary Research and Development Volume 2, Issue 1, November2019, 67–77
[12] Jatmiko, D., Redjeki, S., & Sayekti, S. (2023). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Semangat Wirausaha Siswa Di SMKN 1 Pringapus. Emphaty Cons: Journal of Guidance and Counseling, 5(1), 48–55. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp
[13] Kemenaker. (2005). SK Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Otomotif Sub Sepeda Motor.
[14] Kemendikbud. (2008). Standar prasarana pembelajaran praktik.
[15] McAshan, H. H. (1981). Competency-based education and behavioral objectives. Eaglewood Cliffs, NJ: Educational Technology Publications, Inc.
[16] Mudanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(2), 101. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.2661
[17] Muhammad Yoga Ristiyanto & Joko Suwigno, B. A. (2022). Minat Belajar Terhadap Kompetensi Sistem Rem Hidrolik Teknik Dan Bisnis Sepeda Motor Siswa Kelas Xi Smk At-Thoat Toroh. Journal of Vocational Education and Automotive Technology PENGARUH, 4(1).
[18] Muharromah, H. G., & Wiyono, A. (2022). Pengaruh Minat dalam Memilih Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti Pengaruh Minat dalam Memilih Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X TKP SMK Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), 8(2), 1–9.
[19] Nurmansa, D. E., Djaelani, A. R., & Setiawan, T. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Kelas Xi Tkro. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, 3(2), 71–79
[20] Permendikbud. (2005). Undang-undang No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen
[21] Pramana, W. I., Abadi, Z., Mesin, D. T., Teknik, F., Padang, U. N., Tawar, K. A., Industri, K., & Indsutri, P. K. (2023). Korelasi Kompetensi Bidang Keahlian Teknik Pemesinan Siswa Smk Negeri 1 Padang Dengan Kompetensi Standar Dunia Usaha Dan Indsutri. VOMEK Vol.5, No.4, November 2023 e-ISSN: 2656- 1697’, 5(4), 324–333.
[22] Permendiknas. (2006). Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/ MAK Tahun 2005 Nomor 20. 20.
[23] Putra, A., Syahri, B., Indrawan, E., Abadi, Z., Mesin, D. T., Teknik, F., Padang, U. N., Tawar, K. A., Belajar, M., & Teknik, G. (2023a). Korelasi Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Sekolah. Jurnal VOMEK, 5(1), 44–52.
[24] Sugiyono. (2015). Metodelog i Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
[25] Wiratmo, A., Basori, B., & Maryono, D. (2019). Peningkatan Kompetensi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Menggunakan Model Kooperatif Tipe Stad Berlatar Musik Klasik Kelas X Multimedia 1 Smk Negeri 3 Surakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 12(2), 74. https://doi.org/10.20961/jiptek.v12i2.24288.
[26] Yuniarsih, T., & S. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik (p. 22).