ANALISIS MISKONSEPSI KLASIFIKASIONAL SISWA SMP/MTs PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT

  • Malikatul Is'roah Pendidikan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Akhmad Nayazik Pendidikan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet
  • Ratih Kusumawati Pendidikan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya miskonsepsi klasifikasional terhadap siswa kelas VII MTs Al Ikhlas Pedurungan Lor.Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode CRI (Certainty of Response Index).Teknik pengumpulan data menggunakan Soal Tes Uraian, Wawancara, dan Dokumentasi. Populasi dan sampel sebanyak 29 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat adanya miskonsepsi miskonsepsi klasifikasional yaitu 24,1% siswa. Miskonsepsi terjadi pada setiap indikator bangun datar segimepat khususnya persegi panjang.

References

[1] Afriansyah, E. A. (2022). Peran RME terhadap Miskonsepsi Siswa MTs pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), Article 3. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.727
[2] Agustyarini, Y., & Ningrum, R. W. (2023). Miskonsepsi Siswa SMP Dalam Memahami Ciri-ciri Bangun Segi Empat. Chalim Journal of Teaching and Learning, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.31538/cjotl.v3i2.832
[3] Mufidah, I., & Budiarto, M. T. (2018). MISKONSEPSI SISWA SMP DALAM MEMAHAMI KONSEP BANGUN DATAR SEGIEMPAT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VAK. MATHEdunesa, 7(2), 232–239. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v7n2.p232-239
[4] Ningrum, R. W. (2016). MISKONSEPSI SISWA SMP PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT DAN ALTERNATIF MENGATASINYA. MATHEdunesa, 5(1). https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v5n1.p%p
Published
2024-12-31
How to Cite
IS'ROAH, Malikatul; NAYAZIK, Akhmad; KUSUMAWATI, Ratih. ANALISIS MISKONSEPSI KLASIFIKASIONAL SISWA SMP/MTs PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT. Prosiding Seminar Nasional & Internasional EDUSTEM, [S.l.], p. 71-77, dec. 2024. ISSN 3032-3010. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/EDUSTEM/article/view/3535>. Date accessed: 16 feb. 2025.