ANALISIS MISKONSEPSI KLASIFIKASIONAL SISWA SMP/MTs PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya miskonsepsi klasifikasional terhadap siswa kelas VII MTs Al Ikhlas Pedurungan Lor.Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode CRI (Certainty of Response Index).Teknik pengumpulan data menggunakan Soal Tes Uraian, Wawancara, dan Dokumentasi. Populasi dan sampel sebanyak 29 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat adanya miskonsepsi miskonsepsi klasifikasional yaitu 24,1% siswa. Miskonsepsi terjadi pada setiap indikator bangun datar segimepat khususnya persegi panjang.
References
[2] Agustyarini, Y., & Ningrum, R. W. (2023). Miskonsepsi Siswa SMP Dalam Memahami Ciri-ciri Bangun Segi Empat. Chalim Journal of Teaching and Learning, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.31538/cjotl.v3i2.832
[3] Mufidah, I., & Budiarto, M. T. (2018). MISKONSEPSI SISWA SMP DALAM MEMAHAMI KONSEP BANGUN DATAR SEGIEMPAT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VAK. MATHEdunesa, 7(2), 232–239. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v7n2.p232-239
[4] Ningrum, R. W. (2016). MISKONSEPSI SISWA SMP PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT DAN ALTERNATIF MENGATASINYA. MATHEdunesa, 5(1). https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v5n1.p%p