PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMK BUDI LUHUR

  • Melinda Putri Rahmasari Universitas Ivet, Jl. Pawiyatan Luhur No.17, Semarang dan 50235, Indonesia
  • Ratih Kusumawati Universitas Ivet, Jl. Pawiyatan Luhur No.17, Semarang dan 50235, Indonesia
  • Destia Wahyu Hidayati Universitas Ivet, Jl. Pawiyatan Luhur No.17, Semarang dan 50235, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap kemampuan numerasi siswa dalam pemecahan masalah materi eksponen dan logaritma menggunakan metode pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen yang digunakan adalah one group pretest–posttest. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Angket, Soal Pretest dan Postest, dan Dokumentasi. Populasi dan sampel penelitian ini sebanyak 21 siswa. Dengan hasil hipotesis yang menyatakan “Terdapat Pengaruh Minat Belajar Terhadap kemampuan Numerasi Siswa Pada Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMK Budi Luhur Demak “

References

Amir, M. T. (2012). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada Media Group.
Anam, K. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Bani Muqiman Bangkalan.
Annurahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: ALFABETA.
Cielo Dewi Cahyani, A. S. (2022). Kemampuan Numerasi Ditinjau Dari Rasa Ingin Tahu Terhadap Matematika Pada Siswa SMK. JP2M (JurnalPendidikan dan Pembelajaran Matematika), Vol 8, (2), 36-44.
Dewi SriSusanti, Y. S. (2019). Ananlisis Regresi dan korelasi. Malang: CV IRDH.
dkk, C. M. (2009). Problem-Based Learning Evaluation Toolkit Problem-based Learning Special Interest Group. The Health Sciences and Practice Subject Centre of the Higher Education Academy, 1-26.
dkk, I. B. (2009). The Effect of Problem-Based Learning Instruction on University Students' Performance of Conceptual and Quantitative Problems in Gas Concepts. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, Vol 5 No. 2, 153-164.
dkk, N. M. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Numerasi pada Kurikulum Merdeka Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar. Journal stkpyapsidompu.
Dyah Worowiras Tri Ekowati, Y. P. ((I.M> Dwi, 2013)(2019)). (Elementary School Education Journal) Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal), 3(4),93-103.
F. Awami, Y. Y. (2022). Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi dengan Model Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Self Confidence Siswa SMK MENDIDIK. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 8(2), 231-243.
Habibi, A. M. (2018). Pengaruh Minat Baca pada Sejarah Islam Terhadap Prestasi Belajar Siswa Al-Ashr. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol 13, No. 2.
Kim, H. J. (2009). Learning about Problem Based Learning: Student Teachers Integrating Technology, Pedagogy and Content Knowledge. Australasian Journal of Educational Technology, Vol. 25 No. 1, 111-116.
Kolmos, E. D. (2003). Characteristics of Problem-Based Learning. International Journal Engng, Vol. 19, No. 5, 657-662.
Mayasari, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajran. Jurnal Rakeyansantang.
Nisa, A. C. (2023). Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Model Problem Based Learning berbantu Quizizz. Ejournal unma.
Offset, S. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif,PTK,R&D. Kartasura: FAIRUZ MEDIA.
Riastini, G. G. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol: 2 No.1, 1-10. 84.
Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basic.
Singer, K. (1987). Membina Hasrat Belajar di Sekolah , (Terj. Bergman Sitorus). Bandung: Remaja Rosda Kaya.
Slameto. (1995). Belajar dan faktor-faktor yang memperngaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif Dan R&D. Bandung : CV.Alfabeta.
Sukirin. (1986). Minat Belajar. 136.
Sukriyah, N. A. (2020). Analisis Pengetahuan Numerasi Mahasiswa Matematika Calon Guru. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika , Vol.9 NO. 2.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Published
2024-12-31
How to Cite
RAHMASARI, Melinda Putri; KUSUMAWATI, Ratih; HIDAYATI, Destia Wahyu. PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMK BUDI LUHUR. Prosiding Seminar Nasional & Internasional EDUSTEM, [S.l.], p. 239-246, dec. 2024. ISSN 3032-3010. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/EDUSTEM/article/view/3695>. Date accessed: 21 mar. 2025.