PENGARUH MINAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA GAME EDUKASI WORDWALL PADA SISWA SMK BUDI LUHUR
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar siswa sehingga menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa. Alternatif media yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa adalah game edukasi wordwall. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan, pengaruh, serta besar pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan media game edukasi wordwall. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif (Ex Post Facto) dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, observasi, tes, dan dokumentasi. Populasi dan sampel sebanyak 22 siswa. Instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabelitas. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, sedangkan uji hipotesis data menggunakan uji korelasi, uji regresi linear sederhana, dan uji koefisien determinasi dengan bantuan program pengolah data SPSS versi 29.0.
Hasil penelitian menunjukkan (1) adanya hubungan antara minat belajar (X) terhadap prestasi belajar (Y) siswa kelas XI SMK Budi Luhur Guntur (2) adanya pengaruh antara minat belajar (X) terhadap prestasi belajar (Y) siswa kelas XI SMK Budi Luhur Guntur. (3) besar pengaruh minat belajar (X) terhadap prestasi belajar (Y) siswa kelas XI SMK Budi Luhur Guntur tergolong cukup kuat dengan besar presentase 49,1% minat belajar (X) mempengaruhi prestasi belajar (Y) siswa kelas XI SMK Budi Luhur Guntur, dan sisanya 50,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat banyak keterbatasan, diharapkan dengan penelitian ini, dapat memberikan konstribusi yang bermanfaat baik bagi guru, siswa, maupun pihak sekolah.
References
Djaali, 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Imanulhaq, R., & Pratowo, A. (2022). Edugame Wordwall: Inovasi Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pedagogos: Jurnal Pendidikan STKIP Bima, 4(1), 33– 41.
Intisari, I. (2017). Persepsi siswa terhadap mata pelajaran matematika. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 1(01).
Kurniati, L. (2023). Aktivitas Belajar Trigonometri Mahasiswa Melalui Media Video Pembelajaran Berbasis Platform Youtube. Jurnal Informa: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 9(1), 76-82.
Numayani. (2018). Penggunaan model pembelajaran word square untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas V SD Negeri 054938 Kab. Langkat. School education journal, 8(1)
Nurafni, & Ninawati, M. (2021). Efektivitas Penerapan Aplikasi Linktree dan Wordwall Terhadap Motivasi Intrinsik Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9(2), 217–225. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i2.17317
Octalia, R. P., Rizal, N., Siswandari, H., Satrio, A., Jurusan, A., Matematika, P., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Game Challenges Untuk Meningkatkan Computational Thinking Dalam Pembelajaran Mandiri Sebagai Upaya Mewujudkan Merdeka Belajar. Kumpulan Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional 2021, 1(1), 149–166.
Permana, S. P., & Kasriman. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPS Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831–7839. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3616
Pritchard. (2014). Kererampilan mengajar. Yogjakarta: Pustaka Belajar.
Putri, E. E., Saleh, N., & Jufri. (2021). Media Pembelajaran Word Wall dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman. PHONOLOGIE: Journal of Language and Literature, 2(1), 54–61. www.Dw.com
Slameto (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Bandung: Rineka Cipt