Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Permainan Bola di Kelompok B TK Dharma Wanita Pangkalan

  • Nadia Nurul Ariyanti PJJ PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Ririn Linawati PJJ PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Budi Dyah Lestari PJJ PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak melalui metode permainan di TK-B Dharma Wanita Pangkalan. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang meliputi wawancara, observasi daan dokumentasi. Subjek penelitiana adalah siswa TK Dharma Wanita Pangkalan Margoyoso Pati yang berjumlah 20 anak terdiri dari 8 laki-laki dan 12 perempuan.  Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan saat pengumpulan data berlangsung dan saat pengumpulan data periode tertentu. Hasil penelitiannya yaitu kemampuan anak dapat ditingkatkan dengan kegiatan permainan terbukti pada siklus II tingkat keberhasilannya mencapai 85%. Kesimpulan penelitian adalah melalui kegiatan permainan, kemampuan kognitif di TK Dharma Wanita Pangkalan dapat ditingkatkan, pra-Siklus hanya 40% siswa yang mampu menguasai pembelajaran, kemudian pada siklus I mengalami peningkatkan yakni 60% dan terbukti pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 85% anak mampu menguasai pembelajaran melalui kegiatan permainan.

Published
2023-08-06
How to Cite
ARIYANTI, Nadia Nurul; LINAWATI, Ririn; LESTARI, Budi Dyah. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Permainan Bola di Kelompok B TK Dharma Wanita Pangkalan. Journal of Research and Development Early Childhood, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 23-28, aug. 2023. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/JELYC/article/view/2713>. Date accessed: 06 dec. 2024.
Section
Articles