Upaya Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kelobot Usia 3-4 Tahun Di KB Pelangi Insani Jambon Pulokulon Grobogan
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak melalui kelobot usia 3-4 tahun di KB Pelangi Insani menggunakan kelobot. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaborasi antara guru dengan peneliti dengan menggunakan 2 siklus. Perbaikan dilakukan pada setiap siklus yang dirancang peneliti. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun di KB Pelangi Insani berjumlah 20 anak. Peneliti dibantu mitra guru sebagai kolabolator. Data diperoleh dengan observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul akan dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan persentase dan dihitung jumlah skor masing-masing dan didistribusikan ke dalam rentang nilai. Hasil penelitian menunjukkan pada pra siklus dicapai 50%, siklus 1 diperoleh 81% dan pada siklus 2 diperoleh 93%. Terdapat perubahan perilaku anak melalui media ragam jenis kelobot bergambar persegi dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak terlihat dari meningkatkan keaktifan anak dari 80% siklus 1 menjadi 90% siklus 2. Terdapat peningkatan keterampilan motorik halus menggunting menggunakan kelobot jenis kertas bergambar persegi sebesar 43% pada prasiklus dan siklus 2.