Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Media Gambar Seri Pada Anak Kelompok B Di TK Darma Wanita 1 Plosoharjo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media gambar seri efektif dalam meningkatkan kemampuan bercerita anak kelompok B di TK Dharma Wanita 1 Plosoharjo. Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model PTK Kurt Lewin Subjek penelitian ini adalah peserta didik dari siswa yang berjumlah 20 anak, terdiri dari 8 perempuan dan 12 laki-laki. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar seri dapat meningkatkan Kemampuan Berceritaanak di RA Arrohomiyah. Hal inisesuai dengan pencapaian yang diharapkan oleh penulis pada setiapaspek yang dikembangkan pada meningkatkan Kemampuan Bercerita anak melalui media gambar seri. Hasil pencapaian penerapan pada siklus I meningkatkan Kemampuan Bercerita anak melalui metode Tanya jawab dengan media gambar seri persentasenya yaitu 60% dalam kategori BSB dan BSH. Hal tersebut belum mencapai sesuai harapan peneliti untuk mencapai 80%. Hasil siklus II di kelompok B persentasenya yaitu 90% dalam kategori BSB dan BSH. Hal tersebut telah mencapai sesuai harapan peneliti untuk mencapai 80%.