Peningkatan Perkembangan Berbahasa Anak Usia Dini melalui Media Audio Visual di TK An-Nur Kabupaten Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu kemampuan bahasa anak usia dini sebelum menggunakan media audio visual, Pelaksanaan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini dan Kemampuan Bahasa anak usia dini sesudah menggunakan media audio visual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di TK Islam An Nur Bener yang berlokasi di Krajan I RT 07 RW 01 Krajan I Desa Bener Kec. Tengaran Kab. Semarang. Dengan jumlah anak yang diteliti 10 orang anak. Penelitian ini diawali dengan melakukan pra tindakan, selanjutnya dilakukan dengan siklus I dan siklus II. Setiap siklus dilakukan sua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa tindakan kelas ini dikatakan berhasil karena dapat dilihat pada observasi akhir siklus II dari 10 orang anak yang diteliti terdapat 7 orang anak yang berkembang sangat baik (70%) dan hanya 3 orang anak yang berkembang sesuai harapan (30%).