Peningkatan Perkembangan Berbahasa Anak Usia Dini melalui Media Audio Visual di TK An-Nur Kabupaten Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah limbah anorganik mampu dan efektif meningkatan kreativitas anak untuk menumbuhkan kesadaran pelestarian lingkungan dengan memanfaatkan limbah anorganik di TK Islam An Nur Bener. Dengan penelitian ini ingin meningkatkan kreativitas serta kemandirian pada anak dengan tetap memberi mereka kebebasan dalam bermain, salah satunya dengan memanfaatkan limbah anorganik yang ada di sekitar sekolah atau di rumah. Penelitian menggunakan Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan 2 (dua) siklus dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak di TK Islam An Nur Bener yang berjumlah 15 anak, melalui pengambilan data: dokumentasi, observasi, dan demontrasi, Sedangkan analisis data digunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian: Peningkatan Kreativitas Pada Anak Untuk Menumbuhkan Kesadaran Pelestarian Lingkungan dengan Memanfaatkan Limbah Anorganik Di TK Islam An Nur Bener Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang di peroleh dari skor tindakan pasca siklus II yang diperoleh 14 atau 93,30 %, sedangkan indicator keberhasilan ditetapkan minimal secara individu dan klasikal mendapat skor sebesar 75%.