Efektifitas penerapan Metode Yanbu’a dalam meningkatkan Pemahaman Al-Qur’an di Raudhatul Athfal menggunakan metode Library Reserach

  • Faldin Baen Universitas Ivet
  • Muhammad Ilham IAIN Kendari
  • Alifatus Sa'adah Universitas Ivet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode Yanbu’a dalam meningkatkan pemahaman Al-Qur’an di Raudhatul Athfal. Metode Yanbu’a adalah pendekatan yang dirancang untuk memudahkan pembelajaran Al-Qur’an dengan menekankan keseragaman bacaan, penggunaan rasm Utsmani, serta pemahaman tajwid dan makharijul huruf. Metode ini juga mendorong penggunaan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan membantu anak-anak memahami makna serta konteks ayat-ayat Al-Qur’an secara mendalam. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan library research, yang menganalisis jurnal dan artikel ilmiah terkait implementasi metode ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Yanbu’a terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca, menulis, serta memahami Al-Qur’an, dengan pembelajaran yang terstruktur dan interaktif. Dengan pendekatan yang menyenangkan, metode ini dapat memotivasi anak-anak untuk lebih aktif belajar dan menciptakan pengalaman pembelajaran yang positif.


Kata kunci: Metode Yanbu’a, pembelajaran Al-Qur’an, library research.

Published
2025-07-01
How to Cite
BAEN, Faldin; ILHAM, Muhammad; SA'ADAH, Alifatus. Efektifitas penerapan Metode Yanbu’a dalam meningkatkan Pemahaman Al-Qur’an di Raudhatul Athfal menggunakan metode Library Reserach. Journal of Research and Development Early Childhood, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1-8, july 2025. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/JELYC/article/view/4065>. Date accessed: 09 aug. 2025.
Section
Articles