Peningkatan Kemampuan Kerjasama Anak Melalui Kegiatan Cuci Tangan Bergantian di Kelompok Bermain Kasih Ibu Gringsing Batang
Abstract
Hasil pengamatan kemampuan kerjasama anak usia 3 – 4 tahun di KB KASIH IBU belum optimal. Era pandemic yang melibatkan libur sekolah maka meningkatkan kemampuan kerjasama anak melalui cuci tangan bergantian diadakan di rumah masing – masing dengan pendampingan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses meningkatkan kemampuan kerjasama melalui cuci tangan bergantian di KB KASIH IBU Gringsing Batang. Manfaat dari penelitian adalah hasil dari penelitian dapat dijadikan sebagai acuan keberhasilan pembelajaran kemampuan kerjasama melalui cuci tangan bergantian. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari 2 siklus antara lain siklus I dan siklus II. Siklus I peningkatan kerjasama anak mencapai 45,34 (2 anak) kemudian meningkat menjadi 83,34 (5 anak) pada siklus ke II. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan cuci tangan bergantian dapat meningkatkan kemampuan kerjasama anak usia 3-4 tahun di KB KASIH IBU Gringsing Batang.