Pengaruh Penggunaan Gadget dalam Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Kelompok A di TK AN NUR Semarang
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget dalam perkembangan sosial anak usia dini kelompok A di TK AN NUR Semarang tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional study. Populasi 15 anak kelompok A di TK AN NUR Semarang. 15 responden dengan metode total sampling. Valiabel independent yaitu pengaruh penggunaan gadget dan variabel dependen yaitu tingkat perkembangan anak usia dini usia 4-5 tahun. Diukur dengan pengisian angket. Teknik Analisa data menggunakan stastistik non parametrik uji regresi linier sederhana dengan bantuan software SPSS 22 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data dari uji regresi linier sederhana dapat menjelaskan besarnya kriteria dalam pengujian ini ditentukan berdasarkan dengan ketentuan yaitu nilai Sig < 0,05. Pada perhitungan uji nilai signifikansi nilai Sig = 0,127, yang berarti bahwa nilai ini lebih besar dari 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa nilai ini tidak memenuhi kriteria model persamaan regresi atau tidak memiliki keterikatan. nilai korelasi atau hubungan (R) sebesar 41% dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi atau (R squere) sebesar 16,9% yang mengandung pengertian bahwa tidak meiliki keterkaitan antara pengaruh penggunaan gadget pada perkembangan social anak usia dini kelompok A di TK AN NUR Semarang.