Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Permainan Sedang Apa? Pada Usia Anak 4-5 Tahun Di Cendekia Islamic Preschool Gunung Anyar Surabaya

  • Siti Naimah KB-TK Cendekia Islamic Preschool Kota Surabaya, Indonesia
  • Sunanto Sunanto Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Machmudah Machmudah Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Fifi Khoirul Fitriya Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia

Abstract

Kemampuan Bahasa, khususnya berbicara merupakan hal penting bagi manusia karena berbicara adalah alat komunikasi untuk berinteraksi dengan orang lain, baik dirumah, sekolah dan lingkungan masyarakat. Peran penting orang tua, dan guru sangat dibutuhkan agar kemampuan bahasa anak ini bisa berkembang sesuai tahapan perkembangan usia anak. Tujuan dari penelitian ini utnuk mendapatkan hasil yang baik dari kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun melalui permainan sedang apa? Di Cendekia Islamic Preschool. Penelitian tindakan kelas berbasis online disebabkan adanya Covid-19.Hasil penelitian mendapatkan hasil kemampuan Bahasa anak masing anak antara 6.25% dengan keteria cukup dan 31% keteria baik. Sedangkan  62.5% dengan keteria sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa permianan sedang apa? Dapat meningkatkan Bahasa anak.

Published
2020-09-28
How to Cite
NAIMAH, Siti et al. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Permainan Sedang Apa? Pada Usia Anak 4-5 Tahun Di Cendekia Islamic Preschool Gunung Anyar Surabaya. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 57-63, sep. 2020. ISSN 2722-3094. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/1297>. Date accessed: 18 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/sc.v1i2.1297.
Section
Articles