Permainan Tradisional Dakon Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Matematika Anak Usia Dini
Abstract
Permainan tradisional merukan salah satu media pembelajaran yang di gunakan dalam proses pendidikan di anak usia dini. Permaianan tradisional yang tepat untuk meningkatkan kemampuan pada anak untuk kecerdasan matematika yakni menggunakan perminan tradisional dakon. Selain melestarikan permainan tradisional, kegiatan tersebut juga menstimulasi beberapa perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskritif untuk menghasilan hasil yang relevan, yang dilakukan di TK Permata dengan jumlah 15 anak. Dengan menggunakan permainan dakon memudahkan anak untuk belajar mengenal berhitung selain itu anak dapat belajar melalui benda konkrit sehingga anak akan mudah memahami atau mengaitkan pembelajaran dengan benda sekitar. melalui permainan tradisional dakon dapat mengembangkan kecerdasan anak, yang mana kecerdasan yang terkait dengan kecerdasan matematika-logika adalah membilang, mengenal konsep matematika secara sederhana, dan mengenal konsep logika matematika sederhana
References
Kancanadana, G., Saputri, O., & Tristiana, V. 2021. The existence of traditional games as a learning media in Elementary School. International Conference on Early and Elementary Education (ICEEE), 31–39.
Mahnun, N. 2012. Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah- Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1): 27-35.
Masitoh, I. & Prabawanto, S. 2016. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Melalui Pembeljaran Eksploratif. Edu Humaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 1-11. doi: 10.17509/eh.v7i2.2709
Nataliya, P. 2015. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(2), 343–358.
Purwaningsih, D., & Mahmudah, S. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Menggunakan Media Congklak Modifikasi Kelas III Di Sekolah Dasar Inklusi Surabaya. Jurnal Pendidikan Khusus, 10(2).
Siregar, N., & Lestari, W. 2018. Peranan Permainan Tradisional Dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1–7
Ulya, H. 2017. Permainan Tradisional Sebagai Media dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.
Ulya, H. dan Rahayu, R. 2017. Pembelajaran Treffinger Berbantuan Permainan Tradisional Congklak untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Aksioma, 6(1): 48-55.