Manfaat Media Pembelajaran Balok Kayu untuk Meningkatkan Kreatifitas Anak di KB Ulul Albab II
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bermain balok dalam meningkatkan kreativitas anak di KB Ulul Albab II. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisa melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Pengembangan program didasarkan informasi siswa dan guru. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di KB Ulul Albab II melalui 2 siklus. Siklus pertama sebagian anak belum terbiasa dalam kegiatan pembelajaran bermain balok. Pada siklus pertama ketentuan belajar anak memperoleh 40% (tidak tuntas) dari jumlah 20 anak dan pada siklus ke dua meningkat menjadi 80% (tuntas). Begitu pada pengamatan aktivitas anak mengalami peningkatan 67% meningkatkan menjadi 91%. Peningkatan ini sangat signifikan dan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode bermain balok dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok B KB Ulul Albab II.
References
Alkus, Simge; Olgan, Refika. 2014. Pre-Service and In-Service Preschool Teachers' Views Regarding Creativity in Early Childhood Education. Early Child Development and Care, v184 n12 p1902-1919 2014
Anik, P. 2007. Mengembangkan Kreativitas dan Kecerdasan Anak. Yogyakarta: Citra Media.
Arikunto, S. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi. Aksara.
Depdiknas. 2004. Kurikulum TK dan RAStandar Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.
Dere, Zeynep. 2019. Investigating the Creativity of Children in Early Childhood Education Institutions. Universal Journal of Educational Research, v7 n3 p652-658 2019
Hasnida M.Pd. 2015 . Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta : PT. Luxima Metro Media
Hunter-Doniger, Tracey. 2021. Early Childhood STEAM Education: The Joy of Creativity, Autonomy, and Play. Art Education, v74 n4 p22-27 2021
Hurlock, E.B (2002). Psikologi Perkembangan. 5th edition. Erlanga: Jakarta.