Strategi Pengembangan Moral Agama Anak Pada Era Pandemi Di Pos Paud Pelita Mandiri Pagerejo

  • Frida Citra Cuacicha Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Terbuka
  • Soraya Rosna Samta Prodi Pendidikan Jarak Jauh Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Abstract

Pendidikan sebagai upaya pelestarian moralitas bangsa untuk mencetak generasi yang bermutu. Guru berperan dalam mendidik anak usia dini dengan memberikan bimbingan dan pengenalan mengenai nilai agama dan moral kepada anak sejak awal masa pertumbuhan. Pengembangan nilai-nilai agama dan moral yang menjadi fokus penelitian untuk memperbaiki karakter, kepribadian dan moral anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif di Pos PAUD Pelita Mandiri Pagerejo. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara dan studi dokumen dengan observasi secara langsung. Hasil akhir pada penelitian ini dapat diketahui bahwa pembelajaran tatap muka di era pandemi merupakan salah satu kemampuan afektif dalam pengembangan nilai agama dan moral di Pos PAUD Pelita Mandiri Pagerejo. Strategi yang di pergunakan guru lebih kepada teknik SOFTEN.

References

Ananda, R. 2017. Implementasi Nilai-Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Vol. 1 Issue 1.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional. 2014 Permendikbud no. 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional. 2015 Permendikbud no. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Herlinda, G. 2022. Strategi Guru dalam Penanaman Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini pada Era Pandemi di Taman Penitipan Anak Permata Bunda Muaro Jambi. Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pfattheicher, S. dkk. 2020. The Emotional Path to Action: Emphaty Promotes Physical Distancing during The COVID-19 Pandemic. PsyArXiv Preprints. Retrieved from http://psyarxiv.com
Qadafi, M. 2019. Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Mengembangkan Aspek Moral Agama Anak Usia Dini. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 5 No. 1.
Suryana, D. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.
World Health Organization. 2020. Pertanyaan dan Jawaban terkait Coronavirus, Juni 3, 2020, retrivied from http://who.int/indonesia/news/novelcoronavirus/qa-for-public
Published
2022-06-12
How to Cite
CUACICHA, Frida Citra; SAMTA, Soraya Rosna. Strategi Pengembangan Moral Agama Anak Pada Era Pandemi Di Pos Paud Pelita Mandiri Pagerejo. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 75-80, june 2022. ISSN 2722-3094. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/2151>. Date accessed: 18 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v3i2.2151.
Section
Articles