Mengembangkan Nilai Agama Moral Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Singkongan Di Tk Santa Anna

  • Mei Rosaria Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Sri Setiyo Rahayu Prodi Pendidikan Jarak Jauh Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengembangkan nilai agama moral anak melalui permainan tradisional.Jenis permainan tradisional yang diambil adalah Singkongan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Data yang diambil dalam penelitian ini berupa data perkembangan nilai agama moral anak melalui metode observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kelompok B TK Santa Anna Girisonta. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan adanya pengembangan nilai agama moral anak melalui permainan tradisional.Pengembangan tersebut yaitu pada prasiklus sebesar 47% pada siklus I mencapai 62 % dengan pengembangan dari prasiklus sebesar 15%. Pada siklus II rata-rata pencapaian anak sebesar 81% dengan pengembangan dari siklus I sebesar 19%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan tradisional singkongan dapat mengembangkan nilai agama moral anak kelompok B TK Santa Anna Girisonta

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipt
Depdiknas. Kompetensi Guru 2007. Indonesia.
Dewey, J. 1997. Experience and Education. New York: Collier Books.
Hopkins, D. 1993. A Teacher's Guide to Classroom Research. Philadelphia. Open University Press
Kementrian Pendidikan Nasional. 2012. Pedoman Pendidikan Karakter pada Pendidikan anak Usia Dini, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal. Jakarta: Kemendiknas.
Kohlberg, L. 1995. Tahap – Tahap Perkembangan Moral (Alih bahasa John de Santo dan Agus Cremers SVD). Yogyakarta: Kanisius.
Kurnia, Y. 2015. Pengembangan Kemampuan Nilai-nilai Agama dan Moral di TK. Bandung: PPPPTK TK dan PLB.
Lickona, T. 1992. Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Megawangi, R. 2010. Pengembangan Program Pendidikan Karakter di Sekolah; Pengalaman Sekolah Karakter. Jakarta. Republik Indonesia.
Rahmah, Nur Faizah. 2010. Mendesain Perilaku Anak Sejak Dini Surakarta. CV Adi Citra Cemerlang.
Sistem Pendidikan Nasional 2003. Indonesia.
Published
2022-06-12
How to Cite
ROSARIA, Mei; RAHAYU, Sri Setiyo. Mengembangkan Nilai Agama Moral Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Singkongan Di Tk Santa Anna. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 81-84, june 2022. ISSN 2722-3094. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/2152>. Date accessed: 18 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v3i2.2152.
Section
Articles