Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Seni Di Lembaga Paud

  • Maria Denok Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Dwi Hardiyanti Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Abstract

Tujuan dari pendidikan Anak Usia Dini adalah sedini mungkin menstimulasi kemampuan yang dimiliki individu agar dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal. Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan pendekatan yang tepat agar anak usia dini dapat berkembang sesuai yang diharapkan. Beberapa tokoh pendidikan anak Usia Dini memberikan beberapa aturan jelas bagaimana menstimulasi kemampuan anak agar dapat dikembangkan secara utuh termasuk didalamnya karakter. Maka muncul permasalahan, pendekatan apa yang paling tepat untuk dipergunakan dalam pendidikan karakter bagi anak usia dini. Artikel ini akan mengungkapkan secara teori dan beberapa fakta terkait pendidikan Anak Usia Dini dilembaga-lembaga PAUD yang mempergunakan kegiatan seni sebagai cara untuk menanamkan karakter kepada Anak Usia Dini. Kegiatan seni menjadi sebuah pendekatan yang paling tepat dikarenakan sifat dari kegiatan seni yang menyenangkan dan berorentasi pada proses sehingga mampu disesuaikan dengan tumbuh kembang dan kemampuan/bakat Anak Usia Dini..

References

Agustiningrum, M. D. B. 2014. Penanaman Proses Pendisplinan Diri Anak Berkebutuhan Khusus (Tuna Rungu Wicara) Dalam Pembelajaran Tari Tradisional. Bandung: Cakrawala Dini. Vol 5 (1) Mei.
-------------------- 2019. Stimulation of Social Emotional of Children's Digital Natives Through Learning Nawung Sekar Dance. Golden Age. Vol 3 (2), 41-47
Alwisol. 2010. Psikologi Kepribadian (edisi Revisi). UMM Press: Malang.
Atkinson dkk, 1996. Pengantar Psikologi. Erlangga: Jakarta.
Cervone Daniel, Lawrence Pervin. 2008. Kepribadian (Teori dan Penelitian). Salemba Humanika: Jakarta.
Daniel Goleman. 2002. Emotional intelligence. The New York Times: New York United States.
Dewantara, Ki Hadjar. 1977. Karya Ki Hadjar Dewantara: Bagian Pertama Pendidikan . Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Sudarman. 1998. Identifikasi Kebutuhan. Bandung: Jurusan PLS FIP
George S. Morrison. 2012. Dasar-dasar PAUD. Jakarta: Indeks Hartono. Pembelajaran Tari Anak Usia Dini. 2011. Unnes Press: Semarang.
Janet Kay. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kanisius.
Kemdikbud. 2022. Panduan Pengembangan Kurikulum Merdeka Pada Satuan Pendidikan PAUD.
Koesoema, D. 2007. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Grasindo: Jakarta.
Mu’in, F. 2011. Pendidikan Karakter (Konstruksi Teoretik dan Praktik). Al-Ruzz Media: Yogyakarta.
Munawar, B., dkk. 2015. Pendidikan Karakter (Pendidikan Menghidupkan Nilai untuk Pesantren, Madrasah dan Sekolah) jilid 1-5. Paramadina: Jakarta.
Tabrani, P. 2014. Proses Belajar - Proses Kreasi - Gambar Anak. Erlangga: Jakarta.
Utami, M. 1998. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2022-10-24
How to Cite
DENOK, Maria; HARDIYANTI, Dwi. Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Seni Di Lembaga Paud. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 94-101, oct. 2022. ISSN 2722-3094. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/2275>. Date accessed: 19 may 2025. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v3i3.2275.
Section
Articles