Peningkatan Motivasi Belajar Anak Melalui Penggunaan Video Animasi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Di KB Pertiwi 01 Pati

  • Putri Listyaningtiyas Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Dyah Kusbiantari Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Abstract

Latar belakang masalah penelitian dapat dilihat dari kurangnya perhatian anak selama pembelajaran online selama pandemi ini, minat dan motivasi siswa belum muncul dalam belajar, selain itu siswa juga tidak fokus mengikuti proses pembelajaran. Permasalahan yang ada pada pendidik adalah (1) metode yang digunakan dalam kegiatan kurang menarik dan kurang menyenangkan, (2) alat peraga dalam pembelajaran masih terbatas. Dari permasalahan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan memahami belajar siswa masih rendah. Anak yang mampu memahami pembelajaran dengan baik sebanyak 5 anak (33,3%) dan anak yang belum dapat memahami pembelajaran dengan lancar sebanyak 15 anak (66,7%) dari jumlah keseluruhan siswa. Tujuan penelitian antara lain untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar anak melalui pembelajaran video animasi masa pandemi pada anak di KB Pertiwi 01 Pati. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan siklus I memperoleh persentase ketuntasan hasil belajar 25% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,5%. Aktivitas siswa yang sangat antusias dalam kegiatan bermain pada siklus II menunjukkan peningkatan menjadi 86% dengan kriteria sangat baik. Kinerja guru menunjukkan hasil siklus II sebesar 84% dengan kriteria baik.

References

Agus, S. 2006. Animasi Multimedia Pembelajaran. Jakarta: Elec media Komputindo.

Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Arief, S., dkk. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Ardawiyah, A. N. 2011. Pengaruh Token dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia. Tersedia di http://lib.uin-malang.ac.id/?mod=th_detail&id=07410063 (diakses pada tanggal 20 April 2021)

Anita, Y. 2005. Penilaian Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Cecep, K. 2013. Media Pembelajaran Bogor: Ghalia Indonesia

Cony, R. S. 2008. Penerapan Pembelajaran Pada Anak. Jakarta : PT. Indeks

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuain Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Kustandi, Cecep & Bambang Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Malayu, S. P. 2001. Manajemen : dasar, pengertian, dan masalah. Jakarta : Bumi Aksara.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogjakarta : Pustaka Pelajar.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran.Bandung : Seri manajemen

Rudiansyah. 2010. Manfaat Memberi Motivasi dan Penguatan bagi Siswa. https://bieproduction.com/pengertian-dan-manfaat-video-animasi-bagi-pendidikan/ (diakses pada tanggal 23 April 2021)

Solehuddin, M., dkk. 2009. Pembaharuan Pendidikan TK. Jakarta : Universitas Terbuka
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar. PT Rajagrafindo : Jakarta
Uno, H. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : PT. Bumi Aksara Bandung PT Remaja Rosdaka Karya

Uno, H. 2010. Perencanaa Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara WS.

Winkel. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia
Published
2022-10-24
How to Cite
LISTYANINGTIYAS, Putri; KUSBIANTARI, Dyah. Peningkatan Motivasi Belajar Anak Melalui Penggunaan Video Animasi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Di KB Pertiwi 01 Pati. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 101-110, oct. 2022. ISSN 2722-3094. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/2276>. Date accessed: 19 may 2025. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v3i3.2276.
Section
Articles