Meningkatkan Kemampuan Motor Halus Melalui Metode Praktis Pembungkus Dengan Media Cover Buku Pada Anak Tk Mutiara Hati Sambung Grobogan
Abstract
Tujuan menelitian ini untuk mengetahui dan membuktikan metode pembungkusan dengan media sampul buku dalam meningkatkan motorik halus pada anak Mutiara Hati Desa Sambung Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak TK Mutiara Hati Desa Sammbung Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan Kabuoatee Grobogan berjumlah 18 anak, guru dan kolaborator. Data diperoleh melalui dokumentasi, observasi, dan penugasan. Dapat disimpulkan bahwa motorik halus anak TK Mutiara Hati awalnya termasuk kriteria kurang berkembang dengan skor 15 atau 83,33%, namun setelah dilakukan tindakan sampai siklus II hasil melalui post siklus diperoleh skor 18 atau 100% dengan berkembang sangat baik. kriteria; dan 2) proses pembelajaran dengan menerapkan metode latihan membungkus dengan media sampul buku yang efektif dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak, hal ini didukung dengan perolehan nilai akhir siklus II rata-rata 18 atau 100% diantaranya kriteria berkembang sangat baik, sedangkan indikator keberhasilan 75% untuk skor individu dan 85% skor klasikal dapat dibuat sama: 75% < 100% > 85% sehingga hipotesis tindakan: “Melalui metode latihan membungkus dengan media cover buku dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak TK Desa Mutiara Hati Sambung Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan.
References
Anonim. 2010. Jenis Kertas dalam Masyarakat Dunia. Jakarta: Rajawali.
Aisyah, S. 2010. Bertutur dengan Karya. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Baharuddin dan Wahyuni E. Nur. 2012.Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Christyono. 2011. Keterampilan Anak dalam Membungkus: Aplikasi Keterampilan Motorik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Depdiknas. 2010. Kurikulum Taman Kanak-kanak dan Model Pembelajaran. Jakarta: Dikdasmen.
Hadi, S. 2011. Metodologi Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hastuti, S. 2010. Model-model Pengembangan Pembelajaran, Teori dan Penerapannya. Jakarta: Dirjen Dikti.
Hirnawan, A. H. 2012. Pemahaman Model Keterampilan Anak. Yogyakarta: Arr-Ruzz.
Hurlock. B Elizabeth. 2010. Psikilogi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Cetakan ke-9. Jakarta: Erlangga.
Kartakusuma, S. 2012. Pengajaran Kompetensi Keterampilan Anak TK. Bandung: Angkasa.
Khusnul Qotimah, Khusnul. 2015. Meningkatkan Motorik Halus melalui Bermain Petikan Gitar pada Anak TK Amanah Grobogan, Surakarta: PG-PAUD FKIP, Universitas Muhammadiyah, Skripsi, Tidak Dipublikasikan.
Lucia, S. 2012. Motorik Kasar: Konsep, Cakupan dan Perkembangannya. Solo: Tiga Serangkai,
Maria, J. 2011. Pengembangan Kreativitas bagi Anak. Jakarta: Erlangga.
Masitoh. 2012. Kecakapan Pemahaman Keterampilan bagi AUD. Jakarta: Depdinas.
Mutiah, D. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Patmonodewo, S. 2012. Buku Ajar Penddkan Prasekolah. Jakarta: Depdikbud.
Rachmawati. Yeni dan Kurniati, E. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Riyanto. 2012. Membina Keterampilan Anak Usia Dini. Jakarta: Pustaka Setia.
Rohmah, S. 2017. Meningkatkan Kecerdasan Naturalistik melalui Keterampilan Membungkus Kado pada Anak KB Harapan Bunda Kota Pekalongan. Semarang: PG-PAUD FIP, IKIP Veteran, Skripsi, Tidak Dipublikasikan.
Rondiyah. 2016. Meningkatkan Motorik Halus melalui Kegiatan Menanam Biji-bijian pada Anak TK Ananda Kudus. Semarang: PG-PAUD FIP, IKIP Veteran, Skripsi, Tidak Dipublikasikan.
Sagala, S. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujiono. 2012. Problematika Pendidikan Dasar. Bandung: Angkasa.
Sukiman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Publishing.
Sunarya, C. 2012. Seni: Sebuah Apresiasi Motorik Anak. Bandung: Alfabeta.
Sutiyanto. 2012. Jangan Biarkan Anak Berperilaku Buruk: Cara Benar Mendidik Anak. Jakarta: Fidei Press.
Suyadi. 2011. Manajemen PAUD. Yogyakarta: Hikayat.
Syamsuddin, A. R. 2010. Sanggar Keterampilan Sunda. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suwandi, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: Yuma Pustaka.
Tim Bina Potensi. 2011. Pedoman Teknik Penyelenggaraan Kelompok Bermain. Bandung: Nuansa Aulia.
Triyanto. 2013. Cara Efektif Meningkatan Motorik Anak. Yogyakarta: Kanisius.
Uno, B. H. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis Bidang Perndidikan. Jakarta: Bumi Aksara.